KPK Geledah Apartemen Steffy Burase terkait Kasus Suap DOK Aceh

Ilma De Sabrini ยท Kamis, 23 Agustus 2018 - 18:49 WIB
KPK Geledah Apartemen Steffy Burase terkait Kasus Suap DOK Aceh

Mantan model Steffy Burase menunggu pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, belum lama ini. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengusut kasus dugaan suap terkait pengelolaan dan penyaluran Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2018. Selain memeriksa tersangka dan saksi, sejumlah tempat digeledah.

Hari ini giliran apartemen mantan model asal Manado Fenny Steffy Burase di Setiabudi Residence Jakarta Selatan. ”Selain itu KPK juga menggeledah rumah salah satu kerabat Steffy, Farah di Jalan Pangadegan Timur Raya Jakarta Selatan, dan rumah Sayuti,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Kamis (23/8/2018).

Febri belum menjelaskan rinci barang bukti apa saja yang disita dari penggeledahan tersebut. KPK, kata dia, masih mendalami kasus ini dan terus mencari bukti-bukti lain.

BACA JUGA: Serbahitam, Gaya Steffy Burase saat Diperiksa KPK

Steffy merupakan tim ahli dari lomba lari Aceh International Marathon 2018. Namun, pelaksanaan tersebut tersandung kasus dugaan suap pada DOKA 2018 yang menyeret Gubernur Aceh Irwandi Yusuf sebagai tersangka.

KPK menduga dari total fee Rp1,5 miliar terkait ijon proyek pembangunan infrastrukur yang diterima Irwandi, akan digunakan untuk membeli medali dan pakaian atlet dalam ajang Aceh International Marathon 2018.

"Kami ingatkan agar pihak-pihak yang terkait dan berada penggeledahan ini agar koperatif dengan proses hukum." kata Febri.

KPK menangkap Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah Ahmadi pada 3 Juli 2018 malam. Dalam operasi senyap itu KPK menduga Irwandi hendak menerima fee terkait ijon beberapa proyek pembangunan insfrastruktur yang bersumber dari dana DOKA tahun anggaran 2018.

Adapun pemberian suap diduga bagian dari fee commitment 8 persen untuk pejabat di Pemprov Aceh dari setiap proyek yang dibiayai dari DOKA.

Dalam penangkapan itu KPK mengamankan beberapa bukti, di antaranya uang Rp50 juta, catatan perbankan, dan proyek. Steffy telah dua kali diperiksa sebagai saksi oleh KPK.


Editor : Zen Teguh