Soal Sel Mewah Setnov di LP Sukamiskin, PKS: Sebaiknya Yasonna Mundur

Felldy Utama ยท Sabtu, 15 September 2018 - 22:31 WIB
Soal Sel Mewah Setnov di LP Sukamiskin, PKS: Sebaiknya Yasonna Mundur

Ketua Bidang Politik Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Pipin Sopian. (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menemukan adanya indikasi perbedaan fasilitas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin Bandung, Jawa Barat. Salah satu indikasi itu berupa temuan kamar yang dihuni mantan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) lebih luas dan mewah dibandingkan dengan sel-sel yang didiami narapidana lainnya.

Ketua Bidang Politik DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Pipin Sopian, menyayangkan temuan tersebut. Menurut dia, hukum seharusnya ditegakkan secara adil dan tanpa diskriminasi, termasuk di dalam lingkungan penjara atau lapas. “Saya kira hukum itu harus ditegakkan ke semua pihak, termasuk di sel,” kata dia usai menghadiri diskusi Polemik MNC Trijaya Network di Jakarta, Sabtu (15/9/2018).

Pipin mengingatkan, fungsi lapas sejatinya sebagai tempat para terpidana menjalani hukuman setimpal atas perbuatan yang mereka lakukan. Di samping itu, rasa keadilan juga harus didapatkan para terpidana meski sedang menjalani masa hukuman. “Kalau tidak ada keadilan, yang akan terjadi adalah chaos (kekacauan). Terpenting kita adil, terpenting Kemenkumham tertibkan itu semua, kami akan dukung,” ucapnya.

BACA JUGA:

Ombudsman: Standar Kamar di Lapas Sukamiskin Terindikasi Diskriminatif

Ombudsman Ungkap Kamar Tahanan Setnov di Lapas Sukamiskin Lebih Luas


Menurut dia, adanya temuan sel mewah bagi narapidana tertentu di dalam lapas bukan kali ini saja terjadi. Karenanya, wajar bila kemudian Menteri Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dianggap sebagai pejabat yang paling bertanggung jawab untuk menuntaskan masalah ini. “Saya kira baiknya Pak Yasonna mundur (dari jabatan menkumham) kalau tak bisa perbaiki LP (lapas), atau nanti nunggu di era Prabowo–Sandi,” kata Pipin.

Sebelumnya, Ombudsman menemukan adanya indikasi perbedaan fasilitas di Lapas Sukamiskin Bandung. Salah satunya, kamar yang dihuni Setnov lebih luas dibandingkan sel-sel warga binaan lain. “Kamar luas, lebih bagus, penghuni misalnya Pak Setya Novanto memang lebih luas. Ukurannya saya bingung, tapi dua kali lipat dibanding lainnya,” ujar pimpinan ORI, Ninik Rahayu, di Bandung, Jumat (14/9/2018) kemarin.


Editor : Ahmad Islamy Jamil