27 Persen Anak Jakarta Idap Stunting, Anies Siapkan Program Pencegahan

Wildan Catra Mulia ยท Minggu, 16 September 2018 - 10:39 WIB
27 Persen Anak Jakarta Idap Stunting, Anies Siapkan Program Pencegahan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Kampanye Pencegahan Stunting Nasional di Monas (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Kampanye Pencegahan Stunting Nasional di Monas, Minggu (16/9/2018). Dia berjanji DKI akan terbebas dari anak-anak mengidap stunting.

“Di Jakarta meskipun di bawah rata-rata nasional, kita ini masih 27 persen. Angka ini harus kita kurangi, di Jakarta harus sudah tidak ada lagi anak yang stunting,” kata Anies di Monas, Minggu (16/9/2018).

Menurut dia, persoalan stunting merupakan hal mendasar yang harus diselesaikan setiap pemimpin daerah. Anies menuturkan, Pemprov DKI telah mempersiapkan program yang fokus pada pemberdayaan sumber daya manusia, termasuk meningkatkan gizi untuk mencegah stunting.

“Jadi, nanti kita pastikan program-program pemberian makanan tambahan, inisiasi menyusui dini, pemberian ASI eksklusif, dan berbagai macam kegiatan lainnya kita laksanakan di Jakarta. Tapi kita harus kerjakan sama-sama, pemerintah dan masyarakat,” tutur dia.

Anies menyambut baik adanya gerakan masyarakat untuk mengikis angka stunting di Indonesia. Menurutnya, angka stunting di perkotaan jauh lebih kecil daripada di pedesaan. Namun hal tersebut tidak boleh didiamkan dan harus ada upaya untuk mengurangi. Dia menyebut, angka stunting 27 persen di Jakarta masih tergolong tinggi.

“Kita menyadari bahwa ini masalah mendasar yang tidak boleh dibiarkan lewat tanpa diselesaikan. Ada banyak masalah di hadapan kita tapi masalah stunting adalah salah satu masalah yang paling mendasar yang harus kita bereskan,” ujar Anies.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto