Jokowi Ingin Pilpres 2019 Jadi Adu Program dan Gagasan

Ilma De Sabrini · Minggu, 16 September 2018 - 17:01 WIB
Jokowi Ingin Pilpres 2019 Jadi Adu Program dan Gagasan

Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum DPP Projo Budi Arie Setiadi (kedua kanan) saat menghadiri Rakernas IV Projo di Jakarta, Minggu (16/9/2018). (Foto: Antara/Aprillio Akbar).

JAKARTA, iNews.id – Presiden Joko Widodo meminta seluruh pihak untuk mengawal Pilpres 2019 agar berjalan tertib dan damai. Kontestasi demokrasi tersebut jangan sampai menjadi ajang permusuhan.

Jokowi menekankan, Pilpres 2019 mestinya menjadi ajang adu program dan gagasan untuk memajukan Indonesia lima tahun ke depan. Pilpres bukan tempat beradu isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

"Saya kira ini kontestasi adu program. Adu ide, adu gagasan." ujar Jokowi seusai memberikan pengarahan di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV Pro Jokowi (Projo) di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Minggu (16/9/2018).

Bakal cawapres petahana ini menuturkan, dengan menjadikan pilpres sebagai tempat adu gagasan dan program hal ini dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat Indonesia terkait wawasan berdemokrasi.

"Saya kira ini akan mendewasakan dan mematangkan cara-cara berpolitik kepada masyarakat," kata bakal capres yang diusung Koalisi Indonesia Kerja ini.

BACA JUGA: Jokowi: Projo Bukan Relawan Kardus, Militansinya Tinggi

Kepada Relawan Projo, Jokowi meminta mereka agar terus semangat dan optimistis menyambut Pilpres 2019. Mereka juga diimbau untuk tidak menggunakan unsur SARA dalam mendukungnya.

"Enggak (menggunakan SARA dalam kampanye). Dari dulu kita menyampaikan optimisme menyampaikan program, menyampaikan apa yang sudah kita kerjakan," ujar Jokowi.

Projo merupakan salah satu relawan yang mendedikasikan dukungannya kepada bakal calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Rakerna bertema “Melanjutkan Kemenangan Rakyat' itu juga dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang akan memberikan pemaparan terkait Ekonomi Digital dan Revolusi Industri.

Kedatangan Jokowi dielu-elukan Relawan Projo. Saat tiba di Aula Puri Agung, teriakan 'Jokowi Lagi' pun membahana. Sejumlah relawan berebut untuk bisa bersalaman dengan mantan wali kota Solo tersebut.


Editor : Zen Teguh