Viral Video Hoaks Rusuh di Depan MK, Polisi Tangkap Pelaku

Ilma De Sabrini ยท Kamis, 16 September 2018 - 17:40 WIB
Viral Video Hoaks Rusuh di Depan MK, Polisi Tangkap Pelaku

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Argo Yuwono (Foto: iNews.id/dok).

JAKARTA, iNews.id - Polisi menangkap penyebar video hoaks kerusuhan di depan Mahkamah Kontitusi (MK), Jakarta. Pelaku, SS, diringkus di warung kopi, Jalan Muara II, Kelurahan Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengakui penangkapan tersebut. ”Betul, pelaku sudah ditangkap dan dilakukan penyidikan,” ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (16/9/2018).

Peristiwa bermula ketika beredar video aksi demonstrasi di depan MK. Video yang diunggah SS di Facebook pada Sabtu (15/9/2018) itu lantas menjadi viral di dunia maya.

Di akun Facebook tersebut SS mengunggah vide yang disertai keterangan bertuliskan: “Jakarta sudah bergerak, mahasiswa sudah bersuara keras dan peserta aksi mengusung tagar #TurunkanJokowi” mohon diviralkan karena media tv dikuasai petahana.”

BACA JUGA: Polisi Buru Pelaku Penyebar Video Hoaks 

Polisi lantas melakukan penyelidikan. Diketahui unggahan tersebut merupakan video simulasi yang dilakukan aparat kepolisian untuk menangani penanggulangan unjuk rasa di depan Gedung MK.

SS ditangkap pada Sabtu malam sekitar pukul 20.00 WIB. Penyidik gabungan siber Polda Metro Jaya mengamankan sejumlah barang bukti, antara lain printout Facebook satu bundel dan dua ponsel.

SS yang diidentifikasi polisi sebagai anggota FPI itu lantas dibawa ke Polda Metro Jaya dan ditahan setelah dilakukan pemeriksaan.

SS dijerat dengan sangkaan menyiarkan atau mengeluarkan pemberitaan bohong dan menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian terhadap individu atau kelompok berdasarkan antargolongan.

Tersangka dikenakan Pasal 14 dan 15 KUHP dan atau Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 a ayat 2 UU 19/2016 tentang Perubahan atas UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.


Editor : Zen Teguh