KPU Pertimbangkan Tandai Caleg Eks Napi Korupsi di TPS

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 21 September 2018 - 07:35 WIB
KPU Pertimbangkan Tandai Caleg Eks Napi Korupsi di TPS

KPU mempertimbangkan untuk menandai khusus caleg eks napi korupsi di TPS saat Pemilu 2019. (Foto: ilustrasi/dok).

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempertimbangkan untuk memberikan tanda khusus pada caleg eks napi korupsi di tempat pemungutan suara (TPS). Opsi ini mengemuka setelah mereka tak bisa menandai caleg tersebut di surat suara.

"SS (surat suara) kan sudah kita launching, umumkan. Kami sudah tetapkan seperti itu. Tapi kalau syarat calon di luar (surat suara) ya bisa saja. Ya, sedang kita pertimbangkan," kata Komisioner KPU Ilham Saputra di kantor KPU, Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Dia menerangkan, opsi menandai caleg eks napi korupsi di TPS akan menjadi salah satu bahan dalam revisi Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018. Seperti diketahui, PKPU ini sebelumnya melarang eks napi korupsi mendaftar sebagai caleg sebelum akhirnya dibatalkan Mahkamah Agung (MA) melalui putusan judicial review.

BACA JUGA: Putusan MA: Eks Napi Korupsi Boleh Nyaleg

Setelah larangan caleg eks koruptor, KPU sempat mempertimbangkan untuk memberikan tanda khusus kepada caleg berkategori tersebut di surat suara.

Menurut Ilham, menandai caleg eks koruptor di TPS bisa secara manual dengan melihat nama nama calon yang tertera, nomor urut dan partai pengusung.

"Bisa kita sampaikan, sebab nanti akan pengalaman kita di TPS itu kan ada daftar calon. Ada DCT yang kita umumkan dengan nama dan gambar dan asal parpol, nah apakah nanti kami bisa beri tanda, mana caleg koruptor itu akan kami bicarakan lebih lanjut," katanya.


Editor : Zen Teguh