HUT ke-66, Prajurit Kopassus Diharapkan Kuasai Perang Modern

Okezone ยท Senin, 16 April 2018 - 09:50 WIB
HUT ke-66, Prajurit Kopassus Diharapkan Kuasai Perang Modern

Prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassu). (Foto: Koran Sindo).

JAKARTA,iNews.id – Komando Pasukan Khusus (Kopassus) mulai hari ini (16/4/2018) genap berusia 66 tahun. Pasukan elite TNI Angkatan Darat (AD) itu diharapkan menjalankan tugasnya dengan mengandalkan operasi sandi yuda.

Pengamat militer dan intelijen, Susaningtyas Kertopati mengatakan, Kopassus dengan bertambahnya usia diharapkan semakin jaya dan memegang teguh amanah sebagai prajurit. Apalagi, sekarang ancaman global semakin nyata.

"Kopassus perlahan tapi pasti bermetamorfosa menjadi pasukan khusus meskipun tetap memiliki ketangkasan dan kehebatan militer khusus serta operasi sandi yuda, tetapi lebih humanis dan strategis," ujar Susaningtyas, Senin (16/4/2018).

BACA JUGA: 

Sukses Bebaskan Sandera, Prajurit TNI Naik Pangkat Luar Biasa

Danjen Kopassus dan Pangdam Jaya Diganti

Menurutnya, prajurit Kopassus harus menguasai proxy war yang kini menyebar di seluruh dunia. Harapannya, kemampuan intelijen sandi yuda memiliki kemampuan menghadapi perang modern dan asimetrik.

"Terlebih saat ini terorisme dan radikalisme merupakan ancaman faktual yang harus kita waspadai dan ditangani secara holistik hingga tingkat embrionya," ucapnya.


Editor : Kurnia Illahi