Anggota Komunitas Indonesia Kampanye Pemilu Damai di Washington DC

Aditya Pratama ยท Selasa, 06 November 2018 - 10:40 WIB
Anggota Komunitas Indonesia Kampanye Pemilu Damai di Washington DC

Sebanyak 200 anggota komunitas Indonesia yang bermukim di Washington DC, Amerika Serikat dan sekitarnya berkumpul di lapangan The Mall, Smithsonian, di antara gedung Capitol Hill dan Monumen Nasional pada Minggu, (4/11/2018). (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 200 anggota komunitas Indonesia yang bermukim di Washington DC, Amerika Serikat dan sekitarnya berkumpul di lapangan The Mall, Smithsonian, di antara gedung Capitol Hill dan Monumen Nasional pada Minggu, (4/11/2018) dalam acara Colourful Indonesia (atau Warna-Warni Indonesia). Mereka merupakan pendukung Calon Presiden (Capres) incumbent Joko Widodo (Jokowi).

Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga Papua. Mereka memakai pakaian khas daerah di Indonesia dan pembaca deklarasi yang menunjukkan keragaman Indonesia, sesuai dengan momentum hari Sumpah Pemuda.

Mereka mengumandangkan yel, Siapa Kita? Idonesia! Acara itu juga dihadiri Jokowi dan mereka tampak antusias untuk berfoto bersama.

Berikut lima poin deklarasi yang dibacakan:

1.    Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

2.    Indonesia adalah rumah kita semua! Mendukung iklim politik yang damai, dan menjaga kerukunan antar umat. Kami mengecam semua bentuk politik yang memakai isu SARA, berita hoaks yang memecah belah bangsa.

3.    Siap merawat hubungan harmonis antar warga negara, yang toleran dan menghormati perbedaan, termasuk perbedaan politik.

4.    Menjaga Pemilihan Presiden dan Legislatif 2019 yang bersih dan transparan.

5.    Mendukung pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 demi mewujudkan Indonesia yang bermartabat dan pemerataan sosial dan ekonomi di seluruh Indonesia.

Dalam acara itu juga diisi pembacaan doa oleh perwakilan tiga agama dan Pembacaan Sumpah Pemuda. Selain itu juga menyanyikan lagu Indonesia Raya, Padamu Negeri, Garuda Pancasila dan berbagai yel untuk Indonesia dan Jokowi.

Parade busana daerah diiringi nyanyian lagu-lagu daerah oleh peserta acara juga ikut menyemarakkan jalannya acara.


Editor : Kurnia Illahi