Anies Luncurkan Rumah DP 0 Persen, Pembelian Mulai 1 November

Wildan Catra Mulia ยท Jumat, 12 Oktober 2018 - 15:18 WIB
Anies Luncurkan Rumah DP 0 Persen, Pembelian Mulai 1 November

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Luncurkan rumah susun sederhana milik DP 0 Persen Klapa Village (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan rumah susun sederhana milik (rusunami) dengan konsep down payment (DP) 0 persen di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Jumat (12/10/2018). Masyarakat yang berhak mendapatkan hunian tinggal mencicil biaya bulanan karena uang muka disubsidi Pemprov DKI.

Pendaftaran untuk mendapatkan hunian dibuka mulai 1 November 2018. Rusunami ini diresmikan dengan nama Klapa Village.

Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Meli Budiastuti mengatakan, kini warga yang memiliki KTP Jakarta dan berpenghasilan Rp4 juta hingga Rp7 juta bisa memiliki rumah hunian dengan status kepemilikan.

“Pendaftaran dimulai pada 1 November mendatang,” kata Meli saat peluncuran DP 0 Persen Klapa Village, Jumat (12/10/2018).

Dalam sambutannya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuturkan, sebanyak 51,7 persen warga Jakarta saat ini belum memiliki rumah dengan milik sendiri. Untuk itu, Pemprov DKI memberi solusi dengan program DP 0 persen seperti Rusunami Klapa Village.

“Hambatan terbesar adalah masalah biaya untuk uang muka atau DP. Karena itu program ini menjadi salah satu prioritas kami sejak beberapa waktu yang lalu. Kami menyadari bahwa biaya hidup di Jakarta cukup tinggi dan salah satu komponen terbesarnya adalah biaya hunian atau rumah tinggal,” tutur Anies.

Pembangunan Rusunami Klapa Village direncanakan selesai Juli 2019. Klapa Village dibangun di atas lahan seluas 5.686 meter persegi dengan 780 unit.

BACA JUGA: Sandiaga: Rumah DP 0 Rupiah Ditawarkan ke Warga DKI Akhir Agustus 2018

Hunian DP 0 rupiah ini terdiri atas beberapa tipe, salah satunya tipe 21 yang merupakan harga paling murah sebesar Rp182 hingga Rp210 juta.

Rusunami yang terletak di Jalan Haji Naman itu dinilai cukup ideal. Sebab, lokasinya berdekatan dengan sarana umum, seperti rumah sakit, sekolah, tempat usaha, tempat kuliner, dan Stasiun Buaran yang berjarak sekitar 3 kilometer.

Pembangunan Rusunami Klapa Village didukung oleh empat BUMD DKI Jakarta, yakni PD Pembangunan Sarana Jaya, PT Jakarta Propertindo, Pasar Jaya sebagai pengembang, dan PT Bank DKI sebagai bank pelaksana.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto