Jokowi Pidato Game of Thrones, Sandi: Lebih Cocok Film Nabi Yusuf

Felldy Utama ยท Minggu, 14 Oktober 2018 - 07:42 WIB
Jokowi Pidato Game of Thrones, Sandi: Lebih Cocok Film Nabi Yusuf

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: iNews.id/Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengomentari pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengibaratkan situasi ekonomi saat ini seperti film Game of Thrones. Pidato itu hanya menggambarkan situasi eksternal, tanpa menyentuh kondisi dalam negeri.

Sandi menilai pernyataan Jokowi tentang “winter is coming” memang benar. Namun “winter” yang dimaksud itu hanya merujuk ekonomi global. Namun, ekonomi Indonesia saat ini dalam kondisi kemarau panjang.

"Itu kalau saya bilang drought (kemarau). Dan kalau kita enggak benahi hanya kita minta dunia menyikapi situasi perang dagang, kita bisa-bisa enggak fokus ke bisnis kita. Our own bussinnes adalah untuk melakukan reformasi struktural di bidang ekonomi kita," kata Sandi, di Posko pemenangan Prabowo-Sandi, HOS Cokroaminoto, Jakarta, Sabtu (13/10/2018).

BACA JUGA: Kala Jokowi Angkat The Avengers dan Game of Thrones di Forum Global

Mengenai film yang dianggap relevan dengan keadaan ekonomi bangsa, mantan Wagub DKI Jakarta itu pun kemudian teringat dengan sebuah film tentang Nabi Yusuf AS terkait apa yang pernah menimpanya di kisah itu.

"Saya kebayang film yang Nabi Yusuf itu. Yang tujuh tahun kita paceklik dan tujuh tahun (kemudian) jaya. Saya (kira) lebih cocok itu," katanya.

Atas dasar itu, dalam kondisi ekonomi mengalami turbulensi, dia mengajak para elite-elite untuk memperbaiki." Jadi kritik-kritik kita, kita sampaikan ini kritik yang membangun, yang konstruktif. Jadi mengenai lapangan pekerjaan, harga-harga sudah mulai terjadi sekarang mari kita sikapi dengan baik," ujarnya.


Editor : Zen Teguh