Jokowi Puji Singapura Selalu Tanggap saat Indonesia Tertimpa Bencana

Antara, Anton Suhartono ยท Kamis, 11 Oktober 2018 - 20:15 WIB
Jokowi Puji Singapura Selalu Tanggap saat Indonesia Tertimpa Bencana

Presiden Jokowi dan PM Lee Hsien Loong bertemu di Nusa Dua, Bali (Foto: AFP)

NUSA DUA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi bantuan Singapura atas gempa bumi yang melanda Lombok dan Sulawesi Tengah (Sulteng). Jokowi menyebut Singapura sebagai salah satu negara pertama yang menawarkan bantuan saat gempa Lombok dan Sulteng.

"Atas nama rakyat dan pemerintah Indonesia, saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas ucapan dukacita, simpati, dan solidaritas yang diberikan oleh Singapura," ujar Jokowi, saat jumpa pers bersama dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong di Hotel The Laguna Resort & Spa, Nusa Dua, Badung, Kamis (11/10/2018).

Jokowi merasa sangat perlu memberika apresiasi karena Singapura merupakan salah satu negara yang paling tanggap sesaat setelah bencana melanda.

Dalam pertemuan itu, Lee juga mengucapkan rasa belasungkawa dan simpati kepada Jokowi atas gempa dan tsunami yang terjadi di Sulteng.

Dia menegaskan, Singapura bersama Indonesia di tengah masa sulit ini.

"Singapura berdiri bersama Indonesia selama masa sulit ini," tuturnya.

Singapura mengerahkan dua pesawat militer Hercules C-130 untuk mengantar bantuan kemanusiaan dan berbagai perlengkapan darurat lain yang dibutuhkan para korban. Dua pesawat itu juga digunakan membantu pemulihan pascabencana, termasuk mengevakuasi korban dari area-area terdampak.

Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong menggelar pertemuan Indonesia-Singapura Leader's Retreat hari ini di Bali. Keduanya membahas dan menindaklanjuti kerja sama yang telah dan akan dilakukan kedua negara.

Jokowi dan Lee bersua di sela pertemuan tahunan IMF-World Bank serta pertemuan para pemimpin ASEAN.


Editor : Anton Suhartono