Penasihat Keamanan AS Temui Dubes Turki Bahas Pendeta Brunson

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 14 Agustus 2018 - 08:04 WIB
Penasihat Keamanan AS Temui Dubes Turki Bahas Pendeta Brunson

Penasihat Keamanan AS John Bolton. (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) John Bolton bertemu dengan duta besar (dubes) Turki untuk AS, Serdar Kilic, Senin (13/8/2018). Pertemuan itu khusus membahas pendeta Andrew Brunson yang ditahan di Turki.

“Atas permintaan Kedutaan Besar Turki, John Bolton bertemu dengan Dubes Serdar Kilic dari Turki di Gedung Putih. Mereka membahas penahanan lanjutan yang dilakukan terhadap Pendeta Andrew Brunson, dan hubungan AS-Turki,” kata juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, seperti dilaporkan Reuters, Selasa (14/8/2018).

Baca Juga: Presiden Erdogan: AS Menusuk dari Belakang

Pejabat AS mengatakan tidak ada tenggat waktu yang ditetapkan untuk pembebasan Brunson. Pendeta Protestan itu dituduh mendukung pemberontak Kurdi serta upaya kudeta terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan dua tahun lalu. Tuduhan itu dibantah oleh Brunson.

Baca Juga: Menlu AS dan Turki Bertemu di Singapura Bahas Nasib Pendeta Brunson

"Fakta bahwa ada diskusi berkelanjutan antara kedua negara mengenai kembalinya Brunson ke AS adalah positif," kata Jay Sekulow, pengacara untuk Presiden AS Donald Trump yang juga mewakili keluarga Brunson.

Baca Juga: Presiden Erdogan ke AS: Tidak Tahu Malu!

"Saya menantikan keluarga Brunson kembali ke AS."

Hubungan antara Turki dan AS berada pada titik terendah. Selain karena kasus penahanan Brunson, terkait pula dengan berbagai kepentingan di Suriah.

Baca Juga: Bela Turki, Menlu Iran Sebut AS Kencanduan Mem-bully Negara Lain

Merujuk hal tersebut, Presiden Trump menggandakan tarif impor baja dan aluminium Turki pada pekan lalu, yang menyebabkan nilai mata uang lira merosot tajam.


Editor : Nathania Riris Michico