Perhiasan Ratu Prancis Marie Antoinette Senilai Rp45 Miliar Dipamerkan

Anton Suhartono ยท Sabtu, 13 Oktober 2018 - 08:32 WIB
Perhiasan Ratu Prancis Marie Antoinette Senilai Rp45 Miliar Dipamerkan

(Foto AFP)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

DUBAI, iNews.id - Beberapa perhiasan yang pernah dimiliki ratu Prancis Marie Antoinette dipamerkan di Dubai, Uni Emirat Arab. Rencananya, perhiasan-perhiasan itu akan dilelang di Jenewa, Swiss, pada November.

Perhiasan tersebut menjadi koleksi keluarga Bourbon Parma selama 200 tahun sebelum dilepas ke umum.

Penyelenggara lelang, Sotheby's, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (13/10/2018), menyatakan, ini merupakan salah satu lelang koleksi perhiasan kerajaan paling berharga yang pernah digelar.

Ada tujuh perhiasan yang dipamerkan dalam eksebisi bertajuk 'Royal Jewels from the Bourbon Parma Family' itu.

Perhiasan Ratu Antoinette di antaranya liontin mutiara dan berlian alami 49 karat, kalung, bros, dan beberapa anting dengan nilai total antara 1,5 juta hingga 3 juta dolar AS (sekitar Rp22,5 miliar-Rp45 miliar) itu.

Koleksi keluarga Bourbon Parma lain adalah cincin monogram dengan helaian rambut Marie Antoinette yang dililit.

Direktur Sotheby's untuk Timur Tengah dan India Edward Gibbs mengatakan, Timur Tengah merupakan pasar menjanjikan di mana penjualan perhiasan di kawasan itu meningkat 62 persen selama lima tahun terakhir. Para pembeli umumnya kalangan muda.

Selain Dubai, kata dia, perhiasan ini juga akan dipamerkan di London, New York, dan Hong Kong sebelum pindah ke pemilik baru di Jenewa.

Marie Antoinette merupakan bangsawan asal Austria. Dia menikah dengan Raja Louis XVI dari Prancis yang berasal dari dinasti Bourbon. Pasangan itu dieksekusi menggunakan guillotine pada 1793 setelah Revolusi Prancis.

Keluarga Bourbon lalu menyelamatkan perhiasan itu dengan diselundupkan ke Wina untuk disimpan, tetap dalam genggaman keluarga Parma Bourbon.


Editor : Anton Suhartono