Pilpres 2019

Presiden PKS: Tak Elok Semua Parpol Merapat ke Jokowi

iNews, Davie Pratama ยท Jumat, 02 Maret 2018 - 05:35:00 WIB
Presiden PKS: Tak Elok Semua Parpol Merapat ke Jokowi
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman. (Foto: iNews.id/ Dok)

JAKARTA, iNews.id – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menegaskan sikap partainya tidak akan berkoalisi dengan partai politik (parpol) pendukung Joko Widodo (Jokowi) menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Menurut Sohibul Iman, tidak elok jika semua parpol merapat ke Jokowi. PKS, kata dia, perlu menjaga keseimbangan dalam sistem demokrasi sehingga tidak mudah mengalihkan dukungan sebagai partai pendukung pemerintah. Selain itu, Sohibul mengatakan, jika semua partai merapat ke Jokowi maka saat pilpres nanti, Jokowi akan melawan kotak kosong.

“Iya, sehingga tak elok jika PKS juga mengambil posisi pada pemerintah, karena nanti Jokowi akan melawan kotak kosong,” katanya di Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Hal itu dinilai tak baik bagi demokrasi di Indonesia sehingga PKS mengambil posisi untuk menjaga proses demokrasi agar berjalan dengan baik. Meski begitu, saat ini masih terlalu prematur untuk bicara soal dukungan capres lantaran kondisi parpol saat ini masih cair dan komunikasi antarparpol berjalan dengan baik.

Berbeda dengan PKS, Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan masih mempertimbangkan apakah akan bergabung dengan koalisi pendukung Jokowi, poros koalisi pendukung Prabowo Subianto, atau muncul poros baru. Zulkifli akan bertemu dulu dengan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Sejauh ini komunikasi dengan seluruh partai politik masih cair dan terbuka,” katanya.

Editor : Azhar Azis