Rekor Dunia, Lukisan Karya Leonardo da Vinci Ini Laku Rp6 Triliun

Anton Suhartono ยท Kamis, 16 November 2017 - 10:32 WIB
Rekor Dunia, Lukisan Karya Leonardo da Vinci Ini Laku Rp6 Triliun

Suasana lelang lukisan Salvator Mundi di New York (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id – Lukisan 'Salvator Mundi' hasil karya Leonardo da Vinci terjual dengan harga USD450,3 juta atau sekitar Rp6 triliun dalam lelang yang digelar oleh Christie's di New York, Amerika Serikat, Rabu 15 November 2017, waktu setempat.

Angka itu merupakan yang tertinggi di dunia dari sebuah barang seni yang terjual di ajang lelang. Demikian dikutip dari AFP, Kamis (16/11/2017).

Lukisan berusia 500 tahun itu mengalahkan 'The Women of Aljir (versi O) Pablo Picasso' yang terjual seharga USD179,4 juta dalam lelang pada 2015 yang juga digelar di New York.

Salah satu yang membuat nilai jual lukisan Salvator Mundi sangat tinggi adalah kemunculannya di publik yang terbilang jarang.

Menurut Christie’s, faktor lain yang membuat nilai 'Salvator Mundi' melonjak adalah lukisan ini merupakan satu dari tidak lebih dari 20 karya Da Vinci yang diterima langsung dari sang maestero Renaissance, sementara yang lainnya sudah menjadi koleksi museum.

Tidak butuh lama bagi lukisan ini untuk menemukan pemilik barunya. Penawaran baru dibuka 19 menit, Salvator Mundi sudah terjual dalam acara lelang paling bersejarah di Amerika itu.

Lukisan Da Vinci ini menggambarkan sosok setengah Yesus ini, memegang bola kristal di tangan kirinya, sementara tangan kanannya diangkat untuk meminta rahmat.

Selain di ajang lelang, penjualan lukisan berharga fantastis juga kerap terjadi langsung dari tangan ke tangan kolektor. Karena itu datanya tidak tercatat resmi. Namun sebuah laporan media AS menyebut, salah satu transaksi terbesar penjualan lukisan dari tangan ke tangan terjadi pada 2015. Lukisan Willem de Kooning dan Gauguin dilaporkan terjual masing-masing sebesar USD300 juta.


Editor : Anton Suhartono