KTT ASEAN

Sekjen PBB Beri Peringatan Keras ke Aung San Suu Kyi soal Rohingya

Annisa Ramadhani ยท Selasa, 14 November 2017 - 11:49 WIB
Sekjen PBB Beri Peringatan Keras ke Aung San Suu Kyi soal Rohingya

Sekjen PBB Antonio Guterres berbicara di pertemuan ASEAN-PBB di sela KTT ASEAN di Manila, Filipina, Senin 13 November (Foto: AFP)

MANILA, iNews.id – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres memberi peringatan keras kepada pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi terkait kekerasan terhadap warga Muslim Rohingya. Guterres menyampaikan pernyataan tersebut langsung di depan Aung San Suu Kyi di sela pertemuan KTT ASEAN di Manila, Filipina.

Guterres, dikutip dari Fox News, Selasa (14/11/2017) mengatakan eksodus ratusan ribu pengungsi Myanmar ke Bangladesh sangat mengkhawatirkan. Tragedi yang berkepanjangan dan ketidakstabilan di wilayah juga berpotensi menjadi penyebab gerakan radikal.

Baca Juga:

PBB: Kekerasan terhadap Muslim Rohingya Pelanggaran HAM Berat

Nasib 600 Ribu Pengungsi Rohingya Luput dari Pembahasan KTT ASEAN

Krisis Rohingya, Presiden Jokowi: ASEAN Tak Boleh Tinggal Diam

Dia juga mengungkapkan kekhawatirannya atas penderitaan warga muslim Rohingya di Myanmar. Namun blok ASEAN yang konservatif menolak membahas krisis tersebut di forum KTT.

Sependapat dengan Guterres, pejabat Filipina ingin isu Rohingya dibahas lebih mendalam di KTT ASEAN. Mereka mengatakan isu ini pantas untuk dibahas karena setidaknya ada dua pemimpin yang telah mengangkat isu pada pertemuan tersebut, yakni Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

Pada September lalu, Guterres menyebut situasi di Rakhine sudah masuk dalam kategori pembasmian etnis.
Gelombang pengungsi yang keluar dari Rakhine masih terus berlangsung menyusul kekerasan yang dilakukan militer Myanmar sejak 25 Agustus 2017 lalu. Lebih dari 600 ribu warga Muslim Rohingya eksodus ke Bangladesh karena pemerkosaan, penyiksaan, dan pembakaran perkampungan yang mereka alami.


Editor : Anton Suhartono