Setelah Klapa Village, Rumah DP 0 Rupiah Akan Dibangun di Cilangkap

Wildan Catra Mulia ยท Sabtu, 13 Oktober 2018 - 07:53 WIB
Setelah Klapa Village, Rumah DP 0 Rupiah Akan Dibangun di Cilangkap

Maket bangunan Klapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, yang diluncurkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Jumat (13/10/2018). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia).

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan program hunian rumah sederhana milik (rusunami) Klapa Village yang dapat dibeli dengan uang muka (down payment/DP) 0 rupiah. Hunian berlokasi di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuturkan, hunian ini disebut sebagai solusi rumah warga (samawa). Pendaftaran untuk mendapatkan hunian dibuka mulai 1 November 2018. Klapa Village ternyata tak satu-satunya hunian berkonsep DP 0 rupiah yang akan dibangun Pemprov DKI.

Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan mengatakan, rumah dengan DP 0 rupiah akan dibangun di kawasan Cilangkap, Jakarta Timur. Pembangunan direncanakan mulai pada 2019.

"Sudah kami sampaikan, akan ada 900 unit. Target kami sekitar Maret-April (dibangun)," kata Yoory di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Jumat (12/10/2018).

BACA JUGA: Anies Luncurkan Rumah DP 0 Rupiah, Pembelian Mulai 1 November

Dia mengatakan, hunian itu nanti akan berdiri di lahan seluas tiga hektare. Namun dia belum dapat menjelaskan rinci karena rencana pembangunan itu masih dalam tahap pembahasan dengan seluruh dinas terkait.

"Hampir-hampir miriplah seperti di Klapa Village ini karena luas lahan sama. Ini kan empat tower yang DP 0 subsidi," ujarnya.

Dalam peresmian Klapa Village, Gubernur Anies menuturkan, sebanyak 51,7 persen warga Jakarta saat ini belum memiliki rumah milik sendiri. Untuk itu, Pemprov DKI memberi solusi dengan program DP 0 rupiah.

“Hambatan terbesar adalah masalah biaya untuk uang muka atau DP. Karena itu program ini menjadi salah satu prioritas kami sejak beberapa waktu yang lalu. Kami menyadari bahwa biaya hidup di Jakarta cukup tinggi dan salah satu komponen terbesarnya adalah biaya hunian atau rumah tinggal,” tutur Anies.

Pembangunan Rusunami Klapa Village direncanakan selesai Juli 2019. Klapa Village dibangun di atas lahan seluas 5.686 meter persegi dengan 780 unit.


Editor : Zen Teguh