Upah Sektoral Otomotif Tertinggi, Ini Pesan Sandi kepada Pengusaha

Wildan Catra Mulia ยท Rabu, 14 Maret 2018 - 12:55 WIB
Upah Sektoral Otomotif Tertinggi, Ini Pesan Sandi kepada Pengusaha

Ilustrasi pameran industri otomotif. (Foto: DOK/iNews.id)

JAKARTA,iNews.id –Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah merilis besaran Upah Minimum Sektoral (UMS) DKI Jakarta. UMS merupakan turunan dari Upah Minimuh Provinsi (UMP) 2018 yang sebelumnya telah ditetapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar Rp3.648.035 per bulan.

Merujuk pada Peraturan Gubernur Nomor 16 Tahun 2018 tertanggal 12 Maret, besaran rata-rata UMS naik enam hingga sembilan persen dibanding tahun sebelumnya. Untuk upah buruh sektor otomotif menempati posisi teratas sebesar Rp4.470.465-Rp4.492.830 per bulan. Sementara sektor terendah ditempati industri pakaian sebesar 3.655.000 per bulan.

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengatakan, industri otomotif berkembang dan menempati posisi pertama. Pemprov berharap, industri otomotif mulai menata lapangan pekerjaan yang berkualitas.

“Kita harus win-win solution, kami harapkan sektor otomotif yang sekarang terus bertumbuh dan luar biasa bertumbuhnya tetap membuka lapangan kerja, karena industrinya bertumbuh. Sudah terlihat dengan mata kepala sendiri di Jakarta, industrinya bertumbuh,” kata Sandi di Balai Kota Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Sandi meminta, pengusaha otomotif lebih memperhatikan karyawannya, sehingga dapat meningkatkan daya beli masyarakat atau pekerja di bidang otomotif.

“Kita harapkan pengusaha otomatif juga bisa meningkatkan kesejahteraan buruhnya dan meningkatkan daya beli. Mudah-mudahan dalam kondisi seperti ini, bisa berbagi, dan memberikan solusi terhadap begitu banyak permasalahan di DKI,” ujar dia.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto