Akuisisi Federal Oil, ExxonMobil Pindahkan Produksi Pelumas dari Singapura ke Indonesia

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 09 September 2020 - 17:46 WIB
Akuisisi Federal Oil, ExxonMobil Pindahkan Produksi Pelumas dari Singapura ke Indonesia

Pemindahan produksi secara bertahap dilakukan dari pabrik ExxonMobil di Jurong, Singapura ke Kawasan Industri Cilegon, Banten. (Foto: Federal)

JAKARTA, iNews.id - Produsen pelumas PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) memperkuat bisnisnya setelah mengakuisisi PT Federal Karyatama (FKT). PT EMLI kini memegang hak pemasaran pelumas merek Federal Oil.

Pascaakuisisi, PT FKT fokus memproduksi pelumas merek Mobil dan Federal Oil di pabrik Kawasan Industri Cilegon, Banten, berkapasitas 700.000 barrels per tahun. Khusus produk pelumas merek Mobil, saat ini masih dilakukan pemindahan produksi secara bertahap dari pabrik ExxonMobil di Jurong, Singapura. Ini ditandai dengan seremoni penuangan pertama produk pelumas Mobil Super Moto di Cilegon, pada Februari 2020.

Head of Indonesia Lubricants Market Indonesia PT EMLI, Patrick Adhiatmadja mengatakan 2020 menjadi tahun yang penuh tantangan akibat pandemi virus corona (Covid-19). Perusahaan bereaksi terhadap peluang baru dan tren konsumen yang muncul selama pandemi, dan terus berupaya meningkatkan penetrasi pasar otomotif di Indonesia.

Ini terlihat dari beragam inovasi program yang dihadirkan Mobil dan Federal Oil bagi konsumen setia dan pengguna kendaraan roda empat dan roda dua di Indonesia, seperti pelayanan servis di rumah, program berhadiah, produk baru, edukasi dan seminar mengenai teknologi pelumas melalui media-media digital, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami terus melakukan berbagai upaya dan penyesuaian diri dengan adaptasi kebiasaan baru ini, agar dapat terus mempertahankan eksistensi di pasar otomotif Indonesia. Upaya integrasi jaringan yang kami lakukan sejak 2018 berjalan sesuai rencana, dan memberikan dampak positif bagi efektifitas dan efisiensi waktu, biaya, serta sejumlah aktivitas operasional lainnya dalam mendistribusikan produk kami ke pasar. Ke depan kami berharap dapat terus memperluas area, dan memperkuat jaringan pemasaran produk kami, sehingga memberikan dampak pada pertumbuhan pangsa pasar dan pencapaian perusahaan,” ujarnya dalam video conference, Rabu (9/9/2020).

Marketing Director PT EMLI Pablo Conrad mengatakan, pandemi tidak menghalangi perusahaan tetap terhubung dengan konsumen di Indonesia. "Kami terus berupaya menghadirkan program-program pemasaran dengan memaksimalkan pemanfaatan media digital, yang hasilnya kami rasakan sangat positif. Kami berharap dan tetap optimis pemulihan perekonomian global dapat segera normal kembali, khususnya di Indonesia," katanya.

Saat ini, PT EMLI mendukung banyak bisnis B2C dan B2B di Indonesia, tidak hanya konsumen roda dua dan roda empat, namun juga industri penting untuk pembangunan negara ini, seperti transportasi, manufaktur, pertambangan, dan energi. PT EMLI juga telah menjangkau lebih dari 10 juta konsumen di Indonesia dengan merek Federal Oil, dan lebih dari 15.000 bengkel independen yang dilayani melalui jaringan distributor di seluruh Indonesia, dan terus berupaya integrasi jaringan distribusi penjualan yang berfokus pada area-area potensial, meliputi wilayah-wilayah di Jawa, Bali, dan Sumatera.

Editor : Dani Dahwilani