Alat Pendeteksi Truk Kelebihan Muatan Dipasang Tahun Depan

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 04 Oktober 2019 - 09:37 WIB
Alat Pendeteksi Truk Kelebihan Muatan Dipasang Tahun Depan

Pemerintah akan memasang alat pendeteksi truk kelebihan muatan Weight in Motion (Wim) di pintu masuk Tol. (Foto: Vwsltd)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memasang alat bernama Weight in Motion (Wim) di gerbang tol. Alat ini berfungsi mendeteksi truk Over Dimension Over Load (ODOL) alias melebihi dimensi dan muatan saat masuk tol.

"2020 kami akan terapkan Wim ini tapi pengawasannya lebih ke petugas Polri karena di jalan tol yang ada kan PJR (patroli jalan raya)," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi dalam diskusi bertajuk Road to Zero, ODOL Trucks On the roads yang digelar Forum Wartawan Otomotif (Forwot).

Dia menjelaskan, saat truk lewat alat ini langsung mendeteksi. Jika ternyata ada kelebihan (beban), alat ini langsung memberikan sinyal.

"Alat ini nanti yang menimbang kelebihannya dan jika terbukti bebannya lebih, ini yang langsung kita proses masuk ke pengadilan untuk ditilang," ujar Budi.

Selain Wim, Kemenhub juga bakal menerapkan jembatan timbang online. Ini bisa dicek lewat aplikasi smartphone serta pemberlakuan tilang elektronik.

"Kami juga sedang membangun jembatan timbang online. Nanti di situ bisa lihat melalui aplikasi dan tidak ada sentuhan langsung dengan SDM kami. Kalaupun ada pelanggaran langsung dibayar melalui bank," katanya.

Editor : Dani Dahwilani