Ban Mobil Listrik Ternyata Berbeda dengan Kendaraan Biasa

Riyandy Aristyo ยท Minggu, 13 Januari 2019 - 12:44 WIB
Ban Mobil Listrik Ternyata Berbeda dengan Kendaraan Biasa

Rancangan ban mobil listrik berbeda dengan ban mobil konvensional, terutama bagian compound. (Foto: FutureCar)

JAKARTA, iNews.id - Beberapa negara yang populasi mobil listriknya sudah banyak, mulai menyediakan pilihan ban khusus mobil listrik. Salah satu negara Asia yang sudah menyediakan ban mobil listrik adalah Korea Selatan.

Lalu, apa perbedaan ban mobil listrik dengan kendaraan biasa? Marketing Strategy Team Asia Pacific Africa Middle (APAM) Division PT Hankook Tire Indonesia, Theonanta Pardede mengatakan, rancangan ban mobil listrik berbeda dengan ban mobil konvensional, terutama bagian compound.

"Pastinya ban mobil listrik memiliki compound berbeda. Untuk lebih gampang bergulir, ada struktur yang disesuaikan dan teknologinya lain," ujar Theo.

Selain compound, lanjut dia, bahan baku pembuatannya berbeda dengan yang digunakan ban konvensional. "Bahan bakunya berbeda, tetapi memang belum ditargetkan untuk pasar Asia Pasifik. Jadi kami masih belum bisa memberi informasi detail tentang ban ini," katanya.

Bagaimana dengan produk ban mobil listrik di Indonesia? Theo menyebutkan, karena regulasi mobil listrik belum rampung ketersediaan ban kendaraan ini belum ada. "Di Indonesia setahu saya (mobil listrik) masih dikaji. Jadi, kami juga belum berani membawa ban khusus mobil listrik ini ke Tanah Air," ujarnya.


Editor : Dani Dahwilani