Bukan Sekadar Aksesoris, Ini Fungsi Window Visor pada Mobil

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 21 Maret 2019 - 07:07 WIB
Bukan Sekadar Aksesoris, Ini Fungsi Window Visor pada Mobil

Window Visor atau yang biasa disebut talang air ini tidak hanya aksesoris, tapi juga mempunyai fungsi penting. (Foto: Articulo Mercadolibre)

JAKARTA, iNews.id - Window visor merupakan komponen yang terpasang di bagian bingkai pintu mobil. Komponen yang biasa disebut talang air ini tidak hanya aksesoris, tapi juga mempunyai fungsi penting.

Pemilik aksesoris mobil Top Speed di MGK Kemayoran, Winarhadi mengatakan, window visor bisa melindungi interior mobil dari hujan atau hal lain jika jendela terbuka.

"Fungsi window visor, jika ada air hujan dari atap mobil tidak akan langsung masuk ke dalam interior karena komponen ini menahannya. interior mobil akan tetap aman dari percikan air hujan," ujar Winarhadi saat ditemui iNews.id di Kemayoran, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Winarhadi menambahkan, window visor juga bisa meredam suara bising jalanan yang cukup mengganggu dengan mengarahkan aliran udara pada mesin saat berkendara dalam kecepatan sedang.

"Jika kita berkendara di kecepatan normal atau sedang, suka terdengar suara dengung dari luar. Nah, untuk meminimalisir suara tersebut bisa memakai window visor," katanya.

Apabila pemilik kendaraan ingin membeli window visor, cukup menyiapkan dana mulai Rp250 ribu sampai Rp1 juta tergantung jenis dan kualitas.

Bicara perawatan, Winarhadi menyebutkan tidak ada perawatan khusus pada bagian ini, cukup rutin mengecek kondisinya. Jika sudah mulai longgar segera perbaiki.


Editor : Dani Dahwilani