Cara Menggunakan dan Merawat Kursi Electric pada Mobil

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 19 Maret 2019 - 07:07 WIB
Cara Menggunakan dan Merawat Kursi Electric pada Mobil

Demi keamanan dan menghindari malfungsi, waktu yang tepat mengatur jok mobil saat kendaraan dalam kondisi berhenti. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Guna memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam mengatur posisi tempat duduk, beberapa model kendaraan telah menggunakan sistem kursi elektrik (electric seat). Bagaimana dengan perawatan model kursi ini, apakah sama dengan jok kovensional?

Radja Ferdinand, pemilik toko Radja Jok di MGK Kemayoran, Jakarta mengatakan, dalam sistem elektronik pasti ada titik rentan dan komponen-komponen yang membutuhkan penggunaan serta perawatan yang benar. Sebab itu, perawatan jok elektrik tidak sesimpel kursi konvensional.

"Selama ini jarang ada kasus konsumen mengeluh kursi elektrik mobilnya rusak. Jika ada, biasanya mobil yang umurnya lebih dari 5 tahun, kemungkinan error di beberapa komponen," ujarnya, saat ditemui iNews.id di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2019).

Radja menuturkan, waktu yang tepat mengatur jok mobil pada saat kendaraan dalam kondisi berhenti. "Hal ini penting supaya tidak terjadi malfungsi antarkomponen listrik dan lebih aman dalam berkendara," katanya.

Selain malfungsi, beberapa faktor yang membuat electric seat 'ngadat' adalah remah makanan, debu0 dan segala jenis kotoran. Cara membersihkannya cukup menggunakan silicone spray.

"Sering-sering dibersihkan pakai silicone spray. Sudah banyak yang jual di toko otomotif. Caranya cukup pakai sikat dan semprot di sela-sela tombol dan jangan lupa dikeringkan pakai semprotan angin sebelum digunakan," katanya.

Meski jok elektrik jarang mengalami kerusakan, namun jika ada yang rusak, biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal, berkisar Rp200 ribu hingga Rp10 jutaan.

"Untuk mobil Asia, rata-rata biaya perbaikan electric seat mulai dari Rp200 ribu sampai Rp1 jutaan. Sementara untuk mobil Eropa, mulai Rp500 ribu sampai Rp10 jutaan tergantung jenis dan merek mobilnya," ujar Radja.


Editor : Dani Dahwilani