Cara Menyimpan dan Merawat Helm Warna Doff agar Awet

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 12 Januari 2019 - 07:07 WIB
Cara Menyimpan dan Merawat Helm Warna Doff agar Awet

Karakter helm doff lebih mudah kotor dibandingkan model finishing glossy sehingga membutuhkan perawatan khusus. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Varian warna helm semakin bervariasi seiring dengan tren dan permintaan pasar, seperti warna dual tone, glossy dan doff. Namun, masing-masing warna helm memiliki perawatan berbeda.

Bagaimana perawatan untuk helm warna doff? Richard Ryan, pemilik toko helm RSV di Kedoya, Jakarta mengemukakan, karakter helm doff lebih mudah kotor dibandingkan model finishing glossy. Karena itu, jenis helm ini membutuhkan perawatan khusus.

"Pada dasarnya merawat jenis helm tidak ada bedanya. Intensitas perawatan yang membedakan. Contohnya helm doff, jika tidak sering dirawat permukaannya bisa cepat rusak," ujarnya, saat berbincang dengan iNews.id, baru-baru ini.

Richard pun memberikan beberapa tips merawat helm warna doff agar tidak cepat rusak, sebagai berikut:

1. Keringkan

Saat terkena air hujan atau setelah dicuci, helm doff sebaiknya segera dikeringkan. Jika tidak, akan muncul bercak-bercak air atau water spot yang sulit dihilangkan. Bentuknya putih seperti jamur di kaca.

"Jika tak dikeringkan, permukaan helm bisa lembab. Hasilnya, permukaan helm akan lebih mudah berubah warna dan berpotensi terkena jamur," katanya.

2. Jangan Dijemur

Jangan disimpan atau dijemur di bawah terik matahari. Sebenarnya cara ini berlaku untuk helm glossy. Paparan sinar matahari secara terus menerus membuat warna cepat berubah.

"Helm akan panas sehingga cat bisa retak secara perlahan serta kurang nyaman saat digunakan. Terlebih pada helm hitam doff yang cenderung menyerap panas," kata Richard.

3. Tempat Penyimpanan

Jika helm tak digunakan, simpan di tempat yang kering. "Cat doff memiliki permukaan yang berbeda sehingga berpotensi mendatangkan jamur jika disimpan di tempat lembab dan dingin dalam waktu lama," ujarnya.

4. Hindari Cairan Berbahaya

Hindarkan helm dari cairan atau bahan berbahaya, seperti bensin, thinner, dan bahan keras lain. "Beberapa cairan yang keras dapat merusak warna, membuat cat mengelupas, atau membuat permukaan helm lebih lunak," kata Richard.


Editor : Dani Dahwilani