Ciri-Ciri Mobil Pernah Dicat Ulang, Periksa Bagian Ini

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 17 Maret 2019 - 15:48 WIB
Ciri-Ciri Mobil Pernah Dicat Ulang, Periksa Bagian Ini

Bagi Anda yang mencari mobil bekas, bagaimana cara mengetahui cat kendaraan tersebut masih asli atau pernah dicat ulang? (Foto: Dok/MMKSI)

JAKARTA, iNews.id - Banyak alasan orang mencat kembali kendaraannya. Di antaranya, sang pemilik ingin mobilnya tetap mulus dengan warna sesuai keinginan. Ada juga mobil dicat lagi untuk menutup baret, penyok atau bekas tabrakan.

Kondisi cat kendaraan sejatinya sangat memengaruhi harga jual kembali mobil. Banyak orang yang mencari mobil dengan kondisi cat masih orisinal alias asli. Namun, tidak mudah mencari mobil mulus dengan cat masih asli pabrikan.

Bagi Anda yang mencari mobil bekas, bagaimana cara mengetahui cat kendaraan tersebut masih asli atau pernah dicat ulang?

Tekstur Cat

Mobil dengan kondisi cat masih orisinal memiliki tekstur yang tidak sempurna. Jika diperhatikan seperti parut kulit jeruk. Ini terutama pada mobil-mobil Eropa.

Kenapa demikian? Ini karena proses oven cat pabrikan dilakukan pada suhu di atas 100 derajat celcius. Hal ini berdampak pada tekstur cat. Namun, cat asli pabrikan ini lebih tahan terhadap berbagai kondisi cuaca ekstrem.

Selama ini, banyak konsumen kendaraan keliru, melihat mobil dari mengilap dan mulusnya. Jika melihat ada mobil demikian, Anda patut waspda kendaraan tersebut pernah dicat ulang. Karena proses pengecatan mobil non-pabrikan maksimal oven maksimal 60 derajat celcius.

Terlihat Belang

Cara mudah melihat mobil tersebut pernah dicat ulang atau tidak adalah belang. Biasanya kendaraan yang terkena baret atau penyok di bagian panel tertentu, hanya diperbaiki pada bagian tersebut.

Tak heran bila terlihat perbedaan warna antara cat orisinil dan cat ulang, antara panel satu dengan panel lain. Biasanya yang paling sering terlihat pada jenis cat warna silver.

Ada Garis Pembatas Cat

Biasanya kendaraan yang pernah dicat ulang seperti ada garis pembatas. Untuk melihat cat asli cek bagian dalam pintu atau interior. Cat asli akan terlihat lebih mengilap dibanding cat ulang dan sama dengan bagian luar. Apalagi untuk merek-merek Eropa, jenis cat dan proses ovennya berbeda, hasilnya akan berbeda kalau pernah dicat ulang.

Bila antara bagian luar pintu dan bagian dalam warnanya berbeda, bisa dipastikan mobil tersebut pernah dicat ulang. Kecuali pengecatan dilakukan seluruh bodi akan terlihat sama.


Editor : Dani Dahwilani