Dominasi Pasar Domestik, Pertamina Lubricants Ekspansi Rambah Pelumas Global

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 22:17:00 WIB
Dominasi Pasar Domestik, Pertamina Lubricants Ekspansi Rambah Pelumas Global
Setelah menguasai pasar domestik, Pertamina Lubricants akan ekspansi memasarkan produknya ke pasar global.

JAKARTA, iNews.id - Setelah menguasai pasar domestik, Pertamina Lubricants akan ekspansi memasarkan produknya ke pasar global. Berbagai strategi dilakukan untuk memuluskan langkah tersebut.

"Kita sudah menghadirkan apa yang dibutuhkan pasar domestik dan saat ini kita fokus menggencarkan masuk ke pasar global. Kita sudah menjadi perusahaan pelumas kelas dunia. Segala upaya kita lakukan untuk menjadi yang terbaik," ujar Coordinator of Product Development Specialist PT Pertamina Lubricants, Sinung Wikantoro dalam konfrensi video, Jumat (24/7/2020)

Saat ini, Pertamina Lubricantas berada di posisi 15 dunia perusahaan pelumas terbaik di pasar global. Ditambah dengan mengoptimalkan pasar domestik, seharusnya sudah membuat Pertamina Lubricants sudah siap masuk ke pasar global.

"Tantangan di posisi 15 bagi kami tidak berat dan kami percaya bisa menguasai pasar global. Apalagi, kami juga cukup dominan di pasar di pasar domestik," kata Sinung.

Tak hanya itu, dengan mengakuisisi perusahaan pelumas di Singapura, mendirikan pabrik pelumas di Thailand dan menggendong pembalap-pembalap nasional di kancah internasional, menjadi rangkaian strategi Pertamina Lubricants diakui dunia.

"Pertamina lubricants merintis pasar pelumas mesin sudah cukup lama. Pada 1997, kami sudah join dengan perusahaan pelumas kelas dunia. Di 2013 berdiri menjadi perusahaan sendiri dan mengakuisisi perusahaan singapura serta mendirikan pabrik di Thailand," ujarnya.

"Untuk pasar overseas kita sudah menjajaki puluhan Negara. Namun, tidak semua membuahkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Hingga saat ini ada 17 negara yang sudah kita saring dan masih kita jajaki saat ini," ujarnya.

Sementara dari sisi produk, Pertamina Lubricants punya beberapa pelumas yang diklaim cocok untuk mobil konvensional sampai mobil sport.

"Misalnya, Fastron untuk mobil biasa dan Lamborgihini. Ada juga Fastron untuk diesel. Lalu Enduro sport untuk motor kompetisi. Kemudian eco green untuk mendukung mobil LCGC dan water coolant," ujar Sinung.

Editor : Dani M Dahwilani