Ganti Oli Paling Baik Pagi Hari, Mitos atau Fakta?

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 08 November 2018 - 07:05 WIB
Ganti Oli Paling Baik Pagi Hari, Mitos atau Fakta?

Saat mesin kendaraan mati, oli berada di bawah dan tidak ada di ruang bakar. (Foto: Dok/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Banyak kabar yang beredar di masyarakat, bahwa mengganti oli paling baik dilakukan pada pagi hari atau saat kendaraan belum dinyalakan. Mitos atau fakta?

Instruktur keselamatan berkendara SDCI, Doddy Setiadi mengatakan, informasi tersebut benar. Waktu yang paling tepat mengganti oli adalah pagi hari.

"100 persen benar. Kalau mobil habis didiamkan (mesin mati) oli akan turun semua. Karena mesin tidak berputar, sehingga ketika ganti semua oli lama akan turun," ujar Doddy, saat dihubungi iNews.id.

Dia menjelaskan saat mesin kendaraan mati, oli berada di bawah dan tidak ada di ruang bakar. Tapi, mengganti oli setelah mesin kendaraan bekerja tidak masalah.

"Tidak pengaruh lah, kalau begitu nanti banyak pemilik mobil yang mau ganti oli tanpa nyalain mesin, harus dorong-dorong ke bengkel dong," katanya, sembil tersenyum.

Bagaimana dengan mengisi bensin? "Nah kalau isi bensin, lebih baik pada malam hari. Volumenya bisa lebih banyak dibandingkan isi bensin siang hari. Selain itu, pengisian di malam hari bensin tidak menguap banyak," ujar Doddy.


Editor : Dani Dahwilani