Inggris Uji Pendeteksi Kebisingan Kendaraan, Bisa Tahu Pelat Nomor Pelanggar

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 07:15 WIB
Inggris Uji Pendeteksi Kebisingan Kendaraan, Bisa Tahu Pelat Nomor Pelanggar

Pemerintah Inggris akan menguji sistem deteksi kebisingan canggih untuk menertibkan kendaraan di jalan raya. (Foto: Florida Car Laws)

LONDON, iNews.id - Pemerintah Inggris akan menguji sistem deteksi kebisingan canggih untuk menertibkan kendaraan di jalan raya. Langkah ini diambil sebagai upaya pemerintah menekan polusi suara di seluruh wilayah Britania Raya.

Dilansir dari Carscoops, Rabu (12/6/2019), perangkat tersebut dapat mendeteksi suara mobil dan motor yang melebihi batas kebisingan legal dan pengenalan pelat nomor kendaraan secara otomatis untuk mengidentifikasi pelanggar.

Di mana semua kendaraan yang dibuat pada 2016 dan dijual di Eropa memiliki batas suara 74 desibel. Tapi, sistem knalpot aftermarket untuk mobil dan sepeda motor masih jauh lebih keras dari peraturan.

Sky News melaporkan, perangkat pendeteksi kebisingan prototipe akan diuji di beberapa lokasi selama tujuh bulan ke depan di Inggris.

Sekretaris Lembaga Transportasi Inggris, Chris Grayling mengatakan, pihaknya akan membuat knalpot yang keras menjadi masa lalu. “Polusi suara membuat kehidupan orang-orang di seluruh Inggris terganggu dan berdampak pada kesehatan yang sangat serius. Ini sebabnya saya bertekad menindak para pengemudi yang mengganggu dan merusak ketertiban jalan,” ujarnya.

Kepala eksekutif Asosiasi Industri Sepeda Motor, Tony Campbell mendukung langkah pemerintah tersebut. Menurutnya, perangkat pendeteksi kebisingan diperlukan untuk memberantas knalpot ilegal yang dipasang beberapa pengendara sepeda motor.

Uji coba akan menentukan apakah kendaraan melanggar batas kebisingan dengan mempertimbangkan kelas dan kecepatan kendaraan terhadap lokasi perangkat deteksi kebisingan. Jika uji coba berhasil, teknologi ini akan diterapkan di wilayah Inggris.


Editor : Dani Dahwilani