Jangan Asal Modifikasi, Ubahan Ini yang Bikin Garansi Motor Gugur

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 10 Agustus 2019 - 07:15 WIB
Jangan Asal Modifikasi, Ubahan Ini yang Bikin Garansi Motor Gugur

Memodifikasi kendaraan sesuai dengan keinginan memberikan kepuasan tersendiri, namun ingat jangan sampai menggugurkan garansi. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Memodifikasi kendaraan sesuai dengan keinginan memberikan kepuasan tersendiri. Namun, ingat sepeda motor tidak boleh sembarangan.

Jika asal modifikasi dan terjadi masalah, garansi kendaraan bisa gugur. Lalu modifikasi seperti apa yang aman dan tidak menggugurkan garansi?

General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Wedijanto Widarso mengatakan, tidak semua modifikasi dapat menggugurkan garansi. Semua tergantung dari modifikasi yang dilakukan konsumen.

"Itu tergantung komponen apa yang diganti. Kalau yang diganti lampu, tapi yang bemasalah engine ya tidak menghilangkan," ujar Wedijanto saat ditemui iNews.id di Kelapa Gading, Jakarta Utara, baru-baru ini.

Modifikasi seperti apa yang dapat menggugurkan garansi? Dia menjelaskan, yang paling berpengaruh adalah mengubah sektor dapur pacu (mesin) standar pabrikan menjadi model lain.

"Terkait dengan part yang diganti, misalnya memodifikasi mesin. Kalau bore up dan piston diganti otomatis gugur. Itu kan sudah mengubah standar pabrik. Jadi tidak masuk garansi lagi," terangnya.

Garansi tidak hanya pada mesin, lanjut Wedijanto, Honda memberikan garansi untuk kelistrikan, dan injeksi pada jenis motor. Termasuk motor baru Honda ADV150. "Frame dan kelistrikan garansinya satu tahun. Mesin tiga tahun, serta injeksi lima tahun," katanya.


Editor : Dani Dahwilani