Kembangkan Teknologi Ban di Indonesia, Ini Strategi Bridgestone pada 2022

Dani M Dahwilani · Sabtu, 15 Januari 2022 - 05:50:00 WIB
Kembangkan Teknologi Ban di Indonesia, Ini Strategi Bridgestone pada 2022
Produsen asal Jepang, Bridgestone menjadikan Indonesia salah satu basis pengembangan teknologi ban. (Foto: Ilustrasi/Ist) 

JAKARTA, iNews.id - Indonesia merupakan salah satu pasar otomotif paling potensial di dunia. Ini dilihat dari rasio kepemilikan mobil di Tanah Air yang masih rendah 99 unit per 1.000 penduduk. 

Tak heran, sejumlah pabrikan otomotif menjadikan Indonesia basis produksi. Salah satunya Bridgestone.  

Produsen asal Jepang ini menjadikan Indonesia pusat pengembangan teknologi ban. Mereka pun mentransfer teknologi ban terhadap pekerja di Indonesia. 

Memasuki 2022, mereka melakukan langkah srategi merangkul pekerja untuk bekerja sama mengembangkan perusahaan dan mempertahankan pangsa pasar sebagai market leader. Di mana saat ini Bridgestone tengah mengembangkan ban untuk mobil SUV yang terus tumbuh dan kemdaraaan listrik.

“Bagi Bridgestone, fokus utama kami saat ini adalah menjaga daya saing serta terus meningkatkan produktivitas dan keunggulan kualitas produk. Kami percaya, hal tersebut hanya dapat dicapai melalui hubungan industrial yang harmonis. Di mana semua karyawan bahu membahu memastikan keberlanjutan perusahaan dalam menghadapi berbagai tantangan pasar yang ada di dalam 
maupun luar negeri,” ujar Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno dalam keterangan persnya dilansir Sabtu (15/1/2022). 

Untuk itu, perusahaan melakukan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara Manajemen Bridgestone dengan Serikat Pekerja dari PUK SPSI KEP 3 Wilayah, yaitu Pabrik Bekasi, Pabrik Karawang dan Kantor Pusat. 

Menyikapi itu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi langkah Bridgestone Tire Indonesia. Di tengah situasi pandemi Covid-19 dibutuhkan kerja keras, komunikasi efektif, komitmen, empati dan persepsi yang sama dari manajemen dan pekerja.  

"Diharapkan momentum ini dijadikan komitmen bersama mewujudkan kemitraan yang baik antara manajemen dengan Serikat pekerja PT Bridgestone Tire Indonesia sehingga dapat mewujudkan hubungan industrial yang harmonis," katanya. 

Dia menambahkan, Undang-Undang Cipta Kerja dan peraturan pelaksanannya tidak akan mendegradasi kualitas PKB yang sudah baik ini.

Editor : Dani M Dahwilani

Bagikan Artikel: