Kenalkan Teknologi HUD, Shoei Mulai Lirik Helm Pintar

Riyandy Aristyo ยท Minggu, 13 Januari 2019 - 17:31 WIB
Kenalkan Teknologi HUD, Shoei Mulai Lirik Helm Pintar

Bekerja sama dengan produsen elektronik NS West, Shoei memperkenalkan helm IT-HT di Consumer Electronics Show (CES) 2019. (Foto: Ride Apart)

LAS VEGAS, iNews.id - Helm pintar semakin populer berkat upaya sejumlah startup menjual mimpi menciptakan pelindung kepala canggih dengan teknologi Head-up Display (HUD). Kabar terbaru produsen helm ternama, Shoei mulai melirik teknologi masa depan ini.

Dilansir dari Ride Apart, Minggu (13/1/2019), helm konsep yang diberi nama IT-HT ini memiliki fungsi dasar seperti helm artileri di film Star Wars Empire. IT-HT merupakan usaha pertama Shoei di bidang helm pintar.

Bekerja sama dengan produsen elektronik NS West, Shoei memperkenalkannya di Consumer Electronics Show (CES) 2019, Las Vegas, Amerika Serikat (AS). Namun, langkah ini dinilai kecil untuk ukuran raksasa perlengkapan sepeda motor.

Mempertimbangkan betapa praktisnya sebuah HUD di dalam mobil, sudah saatnya teknologi ini masuk ke helm. Apalagi teknologi ini memiliki banyak manfaat menjaga mata pengendara tetap berada di jalan.

Pada tahun lalu, sebenarnya telah muncul helm berteknologi tinggi. Bahkan, helm yang dikembangkan para startup, seperti Jarvish, CrossHelmet atau Skully, tiga langkah di depan Shoei.

Mereka tidak hanya mengintegrasikan HUD, tapi juga fitur lain, seperti kamera spion, konektivitas Bluetooth, perintah suara, streaming musik, dan ventilasi terintegrasi.

Memang perusahaan-perusahaan yang baru lahir ini (starup) ini tidak sekokoh Shoei. Namun di masa depan kemungkinan mereka akan mengalahkannya, apalagi yang ditawarkan Shoei kurang memuaskan.


Editor : Dani Dahwilani