Kendaraan Wajib Dilengkapi Apar, Deretan Alat Pemadam Api Mejeng di GIIAS 2022

Dani M Dahwilani · Jumat, 19 Agustus 2022 - 09:27:00 WIB
Kendaraan Wajib Dilengkapi Apar, Deretan Alat Pemadam Api Mejeng di GIIAS 2022
Wajib dipasang di kendaraan, produk Apar ramaikan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 11-21 Agustus 2022. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah telah memberlakukan aturan setiap kendaraan wajib memiliki Alat Pemadam Api Ringan (Apar). Untuk keamanan pemerintah pun membuat regulasi mengenai standar kualitas Apar.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 74 Tahun 2021 mewajibkan setiap kendaraan menggunakan Apar berkualitas, khususnya di Pasal 42, Apar harus sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang telah ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN), merujuk pada SNI 180:2021 yang diperbarui dengan SNI 180-2:2022.

Di mana, syarat minimum Apar adalah 1 kg dengan fire rating 5A dan 55B, jadi tidak boleh sembarang APAR, namun harus memenuhi standar SNI. 

Sebagai bagian dari kelangkapan wajib pada kendaraan, produk Apar hadir di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 11-21 Agustus 2022. Salah satunya produsen Apar, PT Servvo Fire Indonesia yang menghadirkan model Servvo Ve-Ex (Vehicle Extinguisher). 

"Apar kendaraan ini dirancang khusus secara minimalis dengan cara pemakaian mudah. Alat ini dapat memadamkan api pada kelas kebakaran A (benda padat), B (cairan dan gas) dan C (listrik) dengan media Dry Chemical Powder Mono Ammonium Phosphate 90 persen. Apar memiliki sertifikat uji pemadaman api 5A.55B atau bisa memadamkan api dari 60 liter bahan bakar," ujar General Manager PT Servvo Fire Indonesia, Hendra Prasetyo dalam keterangan pers dilansir Jumat (19/8/2022).

Pada pameran GIIAS 2022, Servvo juga memperkenalkan produk lengkap Apar untuk segala kebutuhan. Kemudian terdapat instalasi pameran beberapa produk lainnya, seperti Servvo Fire Tubing and Servvo Metronic beserta Servvo Fire Alarm System. 

Dia menuturkan Slsebagai produk anak bangsa Indonesia, Servvo bukan hanya telah memiliki sertifikat SNI, tetapi juga telah memiliki sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang diterbitkan Kementerian Perindustrian.

Editor : Dani M Dahwilani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda