LG dan Geely Kolaborasi Produksi Baterai Mobil Listrik

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 07:09 WIB
LG dan Geely Kolaborasi Produksi Baterai Mobil Listrik

LG Chem Ltd melaporkan telah menandatangani perjanjian mendirikan usaha patungan dengan Geely Automobile Holdings Ltd memproduksi baterai kendaraan listrik. (Foto: Caixin Global)

SEOUL, iNews.id - Produsen baterai asal Korea Selatan, LG Chem Ltd melaporkan telah menandatangani perjanjian mendirikan usaha patungan dengan Geely Automobile Holdings Ltd memproduksi baterai kendaraan listrik. Seperti apa kerja sama mereka?

Dilansir dari Reuters, Jumat (14/6/2019), LG Cham mengatakan, perusahaan patungan ini memiliki kapasitas produksi tahunan 10 GWh pada akhir 2021, dan produk-produknya akan dipasok untuk kendaraan listrik Geely mulai 2022. Kedua perusahaan masing-masing menginvestasikan dana 94 juta dolar AS atau sekitar Rp1,3 triliun dalam usaha.

Selama ini kendaraan yang dilengkapi baterai Korea Selatan tidak memenuhi syarat subsidi pemerintah China, pasar mobil listrik terbesar di dunia. Meski demikian, LG Chem telah mengumumkan rencana investasi untuk memperluas kapasitas di China.

Dia berharap rencana China menghapus subsidi dalam beberapa tahun ke depan akan menyamakan kedudukan. "Melalui usaha patungan, LG Chem telah mengamankan struktur yang stabil dalam penyediaan baterai untuk kendaraan listrik di pasar Cina," kata LG Chem.

Jika sukses, perusahaan Korea Selatan itu menyatakan akan mengejar lebih banyak usaha patungan dengan produsen mobil global lainnya.


Editor : Dani Dahwilani