Memasang Busi Mudah tapi Tak Bisa Sembarangan, Ini Rumusnya

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 06 Desember 2018 - 07:11 WIB
Memasang Busi Mudah tapi Tak Bisa Sembarangan, Ini Rumusnya

Saat memasukkan busi, putar dengan jari tangan hingga terasa keras, kemudian kencangkan menggunakan kunci busi cukup setengah putaran, jangan full mentok. (Foto: Dok/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Busi (spark plug) merupakan salah satu komponen yang harus diganti secara berkala atau istilahnya fast moving. Untuk menggantinya tidak perlu sampai ke bengkel, pengguna sepeda motor bisa melakukan sendiri.

Untuk mencopot atau memasang busi cukup gunakan kunci busi. Caranya, cabut terlebih dahulu kabel penutup busi, buka busi lama, bersihkan atau ganti dengan yang baru. Namun, pengguna harus bisa memperkirakan seberapa dalam busi dipasang.

"Waktu memasangnya, tidak usah kencang-kencang seperti memasang baut pada kendaraan. Busi ini kecil dan kekencangannya beda dengan baut," ujar Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano, saat berbincang dengan iNews.id, beberapa waktu lalu.

Dia menuturkan, meski mudah mengencangkan baut ada rumusnya. Jika baut tersebut punya torsi, biasanya akan terdengar bunyi 'tok' saat sudah posisi mentok.

Busi
Saat memasukkan busi, putar dengan jari tangan hingga terasa keras. Kemudian kencangkan menggunakan kunci busi cukup setengah putaran, jangan full mentok.

"Sebenarnya, saat memutar setengah putaran lebih sedikit, feeling kita diuji. Intinya, asal jangan sampai mentok, bisa-bisa bagian ujungnya putus. Kalau sampai patah di dalam, satu-satunya cara untuk mengeluarkan ya membelah mesin," imbuhnya.

Selain itu, untuk pemasangan busi ukuran kekencangannya bisa berbeda-beda antara busi baru dengan yang sudah dibuka. "Ada perbedaan antara busi baru dengan busi yang sudah pernah dibuka dan dipasang lagi. Enggak perlu kita ngotot sampai benar-benar mentok," ujar Diko.


Editor : Dani Dahwilani