Mudik Menggunakan Sepeda Motor, Perhatikan Bagian Rem Ini

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 01 Juni 2019 - 07:09 WIB
Mudik Menggunakan Sepeda Motor, Perhatikan Bagian Rem Ini

Salah satu komponen yang kerap terlupakan dalam pengecekan adalah minyak rem pada kendaraan roda dua yang menggunakan rem cakram. (Foto: Motorcycles United)

DEPOK, iNews.id - Salah satu fitur penting dalam keselamatan berkendara adalah rem. Untuk itu, perhatikan gejala-gejalanya apakah rem motor masih dalam kondisi baik atau perlu perbaikan.

Salah satu komponen yang kerap terlupakan dalam pengecekan adalah minyak rem pada kendaraan roda dua yang menggunakan disc brake (rem cakram).

"Sistem pengereman harus diperhatikan dan sering dicek. Apalagi digunakan untuk mudik dengan jarak cukup jauh. Bisa fatal bila pemeriksaan rem terupakan saat pulang kampung," ujar Haeva Caesa, mekanik bengkel Beji's Motor, saat ditemui iNews.id, baru-baru ini.

Pria yang akrab disapa Ole ini menuturkan, pada umumnya penggantian minyak rem dilakukan setiap dua tahun sekali atau jika motor sudah mencapai jarak 20.000 kilometer lebih. Jika terlambat, kekentalan minyak rem akan berkurang dan mengakibatkan kinerja cakram tidak maksimal.

"Waktu untuk mengganti minyak rem memang cukup lama, tapi tidak ada salahnya mengecek secara visual kondisi minyak rem dengan membuka tank master tepat diatas handle setang berbentuk kotak," katanya.

Dia menjelaskan, jika volume minyak rem sudah berada di level paling bawah, periksa apakah kuantitas minyak rem berkurang atau kondisi pad set kanvas rem mulai Aus.

"Semakin aus kanvas rem maka akan menurunkan level permukaan minyak rem di tank master rem. Jika demikian, isi kembali tank master rem dengan minyak rem hingga berada di level paling atas," katanya lagi.

Jika warna minyak rem sudah terlihat semakin gelap, itu mengindikasikan kualitas minyak rem sudah berkurang. Hal seperti ini sebaiknya minyak rem segera diganti dengan yang baru. Selain itu, jangan lupa mengganti seal master rem jika sudah terasa ada hal ganjil saat pengereman.

"Beberapa yang biasanya dikeluhkan pengguna motor adalah handle rem terasa blong ketika ditekan atau justru handle rem sangat keras, tetapi kecepatan kendaraan tidak turun. Jika ada gejala demikian segera lakukan penggantian dan perawatan di bengkel resmi," ujar Ole.


Editor : Dani Dahwilani