Nissan Ciptakan Komponen Kedap Suara untuk Kabin Mobil

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 08 Januari 2020 - 18:15 WIB
Nissan Ciptakan Komponen Kedap Suara untuk Kabin Mobil

Acoustic Meta-Material ciptaan Nissan berfungsi meningkatkan keheningan kabin tanpa menambah bobot kendaraan. (Foto: Carscoops)

TOKYO, iNews.id - Kekedapan atau kemampuan kabin dalam menghalau suara dari luar menjadi salah satu pertimbangan konsumen saat memilih mobil. Baru-baru ini, Nissan menciptakan bahan yang mampu mengurangi kebisingan.

Dikutip dari Carscoops, Rabu (8/1/2020), bahan baru yang disebut Acoustic Meta-Material ini berfungsi meningkatkan keheningan kabin tanpa harus menambah bobot kendaraan.

Acoustic Meta-Material ini berasal dari plastik film yang membentuk segi empat. Material ini bekerja mengontrol getaran udara, kemudian membatasi berbagai gelombang suara termasuk kebisingan jalan dan mesin.

Foto: Carscoops
Foto: Carscoops

 

Menggunakan plastik sebagai bahan dasar, Nissan berharap kabin bisa menjadi lebih senyap tanpa harus mengorbankan efisiensi bahan bakar. Namun, belum diketahui apakah teknologi ini bakal diterapkan pada model-modelnya.

Material kedap suara sebenarnya bukanlah hal baru. Biasanya, bahan yang digunakan adalah karet. Tapi, bahan ini sangat berpengaruh pada bobot kendaraan serta konsumsi bahan bakar.

Acoustic meta-material tersebut dikenalkan dalam gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat, Januari 2020.


Editor : Dani Dahwilani