Penelitian: Berkendara Bawa Hewan Peliharaan Bikin Pengemudi Lebih Hati-Hati

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 10 Mei 2020 - 21:21 WIB
Penelitian: Berkendara Bawa Hewan Peliharaan Bikin Pengemudi Lebih Hati-Hati

Penelitian SEAT mengungkapkan mengemudi dengan hewan peliharaan di dalam mobil membantu mengurangi stres dan membuat pengendara lebih berhati-hati. (Foto: Motor1)

LONDON, iNews.id - Penelitian SEAT mengungkapkan anjing memiliki efek positif pada pengendara. Mengemudi dengan hewan peliharaan anjing di dalam mobil membantu mengurangi stres di belakang kemudi dan membuat pengendara lebih berhati-hati.

Dilansir dari Motor1, Minggu (10/5/2020, riset perusahaan Spanyol itu mengungkapkan lebih dari setengah pengemudi yang memiliki anjing (54 persen) mengatakan mereka mengemudi lebih waspada ketika bepergian dengan hewan peliharaan. Ini terutama pengemudi muda berusia 18-24 tahun sebesar 69 persen.

Pengemudi di London dan North East yang paling mungkin berperilaku berbeda dengan anjing mereka di dalam mobil, dengan masing-masing 70 persen dan 66 persen mengatakan itu akan membuat mereka lebih berhati-hati di belakang kemudi.

Membawa anjing dalam mobil juga memiliki manfaat tambahan mengurangi tingkat stres pengemudi. Di mana 35 persen dari mereka yang disurvei mengaku merasa lebih tenang ketika anjing berada di dalam mobil.

Namun, terlepas dari semua itu banyak pemilik anjing yang tidak mengetahui aturan bepergian dengan anjing di dalam mobil. Lebih dari sepertiga mengatakan mereka tidak yakin ada aturan. Sementara 90 persen mengatakan mereka tidak tahu tentang hukuman sembilan poin maksimum 5.000 pounds (6.200 dolar AS) bagi mengemudi yang memasang pengaman saat mengemudi dengan anjing.

Seperlima pengemudi yang memiliki anjing mengakui mereka tidak menahan anjing di dalam mobil, sehingga mungkin ada jutaan orang di luar sana yang melanggar hukum.

"Semua orang tahu masyarakat Inggris sangat menyukai anjing-anjingnya. Namun, penelitian ini menegaskan memiliki sahabat mereka di dalam mobil dapat berkontribusi dalam berkendara lebih aman sembari memiliki manfaat kesehatan mental yang positif dengan mengurangi tingkat stres," kata Nigel Griggs, kepala aftersales SEAT Inggris.

"Pengemudi masih perlu memastikan menjaga anjing mereka aman saat bepergian, dan menemukan aksesoris hewan peliharaan yang nyaman dan aman untuk mengendalikan hewan peliharaan dengan benar, sama pentingnya dengan menggunakan sabuk pengaman Anda sendiri," katanya

Editor : Dani Dahwilani