3 Tahun Keliling Dunia, Mobil Listrik Otonom Rolls-Royce 103EX Kembali ke Inggris

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 24 September 2019 - 13:54 WIB
3 Tahun Keliling Dunia, Mobil Listrik Otonom Rolls-Royce 103EX Kembali ke Inggris

Keliling dunia sejak 2016, mobil listrik otonom Rolls-Royce 103EX kembali ke kampung halaman di Goodwood, Inggris. (Foto: Carscoops)

LONDON, iNews.id - Mobil konsep radikal 103EX milik Rolls-Royce, juga dikenal sebagai Vision Next 100 akhirnya kembali ke kampung halaman di Goodwood, Inggris. Diresmikan pada 2016 menandai peringatan 100 tahun perusahaan induk BMW, kendaraan listrik otonom eksperimen ini telah berkeliling dunia.

Dilansir dari Carscoops, Selasa (24/9/2019), usai perkenalan resminya di London's Roundhouse pada 2016, konsep tersebut ditampilkan secara singkat di Goodwood, sebelum memulai petualangan global yang mencakup penampilan di acara pelanggan dan media seluruh dunia.

Rolls-Royce 103EX tiba di kantor pusat Rolls dengan transporter yang dipesan khusus, ditemani spesialis Experimental Vehicle Team yang telah memelihara dan menyiapkan konsep EV selama perjalanan panjang.

Konsep yang diusung mobil ini adalah teknologi tur-de-force, menampilkan penggerak sepenuhnya listrik, otonom, dan kecerdasan buatan (AI) yang ditingkatkan. Menurut perusahaan, ini untuk mewujudkan masa depan mobilitas mewah.

“Kami senang menyambut 103EX pulang ke Goodwood, setelah hampir empat tahun menjalankan tugas internasional. Kami merasa sudah saatnya model eksperimental untuk kembali ke rumah," ujar CEO Rolls- Royce Motor Cars, Torsten Muller-Otvos.

"Ini adalah kesempatan bagi mereka yang bekerja di proyek untuk menghidupkan kembali beberapa kenangan indah, dan bagi orang yang baru-baru ini bergabung dengan kami untuk menemukan salah satu mobil paling penting yang pernah kami buat," katanya.

Menampilkan sasis buatan tangan yang dibuat dari bahan-bahan canggih, 103EX adalah kendaraan listrik otonom penuh pertama Rolls-Royce. Tidak ada roda kemudi di kabin, karena tugas mengemudi diambil alih "Eleanor," asisten virtual dan sopir yang berinteraksi dengan penumpang.

Editor : Dani Dahwilani