5 Cara Sederhana Mengetahui Mesin Mobil Masih Bagus atau Tidak

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 20 Maret 2019 - 07:15 WIB
5 Cara Sederhana Mengetahui Mesin Mobil Masih Bagus atau Tidak

Cara sederhana mengetahui kondisi mesin masih bagus atau tidak, di antaranya bisa dilihat dari rembesan, getaran dan suara mesin. (Foto: Detroit News)

JAKARTA, iNews.id - Bagi Anda yang mencari mobil bekas ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Salah satu yang paling penting adalah kondisi mesin.

Bagaimana cara mengetahui kondisi mesin kendaraan yang akan dibeli masih bagus atau tidak? Dilansir iNews.id dari berbagai sumber, berikut lima hal sederhana yang dapat Anda perhatikan:

Pertama, amati kondisi mesin. Apakah ada kebocoran atau rembesan? Caranya gunakan lampu senter untuk melihat apakah ada rembesan, terutama pada paking silinder (lapisan antara sambungan).

Meski ada rembesan, tetapi itu belum tentu mobil itu jelek. Namun, ini akan menjadi pekerjaan rumah (PR) agar kendaraan tidak ada lagi yang harus diperbaiki. Walau tidak terlalu mahal (Rp300 ribu-Rp1 juta) perbaikan ini cukup merepotkan Anda.    

Kedua, suara mesin. Untuk mengetahui apakah suara mesin masih bagus atau tidak jangan dulu nyalakan AC. Coba dengarkan apakah interval suara mesin terdengar konstan atau tidak. Bila konstan berarti kondisi mesin masih bagus.  

Ketiga, lihat dan rasakan getaran mesin. Bila getaran tak terasa hingga bodi kendaraan, berarti masih baik. Sebaliknya, bila getaran terasa hingga bodi mobil, ini akan merusak kenyamanan. Di sini engine mounting harus diganti. Biayanya bisa mencapai Rp2 jutaan.

Keempat, perhatikan bau knalpot dan asap yang keluar. Bila bau knalpot tercium masih normal atau tidak menyengat dan menimbulkan asap, berarti sistem pengapian mesin masih bagus.

Kelima, kipas mesin. Begitu mesin dinyalakan kipas mesin seharusnya tidak langsung menyala. Jika menyala, berarti ada masalah. Standar pabrikan kipas menyala pada saat mesin terlalu panas.  


Editor : Dani Dahwilani