7 Kesalahan Pengguna Mobil Penyebab Kecelakaan di Musim Hujan

Dani M Dahwilani · Kamis, 26 November 2020 - 14:39:00 WIB
7 Kesalahan Pengguna Mobil Penyebab Kecelakaan di Musim Hujan
Satu kesalahan kecil bisa mengakibatkan kecelakaan saat berkendara di musim hujan. (Foto: Dok/Auto2000)

JAKARTA, iNews.id - Satu kesalahan kecil bisa mengakibatkan kecelakaan saat berkendara di musim hujan. Kondisi jalan yang licin ada potensi terbentuknya genangan air sehingga dapat mengakibatkan aquaplaning (tergelicir).

"Yang tidak kalah penting, jarak pandang pengemudi yang buruk seiring kian derasnya hujan, pengemudi perlu menjaga kewaspadaan saat mengemudi di musim hujan," ujar Aftersales Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya dalam keterangan elektroniknya, Kamis (26/11/2020).

Dia mengingatkan tidak kalah penting menjaga kondisi mobil agar lancar di perjalanan. Ricky pun mengungkapkan tujuh kesalahan pengguna kendaraan saat musim hujan yang bisa menyebabkan kecelakaan di jalan.

1. Tidak Menjaga Kondisi Ban

Ban merupakan komponen mobil yang sangat penting karena hanya ban bersentuhan langsung dengan jalan. Sebab itu, pastikan kondisi ban dengan memeriksa tekanan angin, telapak, alur, dan dinding ban dari potensi aus dan rusak.

2. Tidak Memeriksa Komponen Mobil

Selain ban, masih ada komponen mobil lain yang wajib diperiksa seperti lampu dan wiper, termasuk cairan pembersih kaca. Lampu depan yang tidak berfungsi dengan baik justru mengganggu pandangan. Lampu senja, sein, dan rem yang mati membuat pengguna jalan lain tidak bisa memantau kendaraan Anda.

Editor : Dani Dahwilani

Halaman : 1 2