Alasan Mesin Mobil Supercar Selalu Berada di Belakang

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 18 Mei 2019 - 12:35 WIB
Alasan Mesin Mobil Supercar Selalu Berada di Belakang

Alasan mesin mobil Supercar selalu berada di belakang (Foto: CNET)

JAKARTA, iNews.id - Penempatan posisi mesin pada mobil biasanya berbeda-beda. Namun, beberapa supercar ada yang memposisikan mesinnya di belakang dan ternyata itu ada alasannya.

Chief Executive Officer Ferrari Jakarta, Maulana Indraguna Sutowo, mengatakan, penempatan mesin supercar di belakang itu untuk mendapatkan akselerasi terbaik dan maksimal dari supercar.

"Ketika berakselerasi, seluruh volume kendaraan akan tepojok ke belakang. Mesin yang dipasang di depan tidak akan membuat banyak kompresi pada permukaan jalan untuk roda belakang dan akan mengurangi akselerasi kendaraan," kata Indra beberapa waktu lalu di Jakarta Pusat.

Indra menambahkan, mesin supercar terletak di belakang untuk memudahkan mobil saat menikung dengan kecepatan tinggi. Jika mesin supercar berada di depan, berisiko understeer.

"Supercar tidak dihadirkan untuk berjalan lambat. Kalau pabrikan menempatkan mesin supercar di depan, mobil akan mudah understeer," katanya.

Selain itu, kelebihan lain posisi mesin supercar berada dibelakang adalah untuk membuat bobot kendaraan semakin lebih ringan. Inilah yang terpenting untuk supercar.

"Kebanyakan mobil sport menggunakan sistem penggerak roda belakang. Maka menempatkan mesin di belakang, bisa membantu mengurangi detail sistem transmisi seperti poros baling-baling," ujar Indra.

Tak hanya kelebihan, menempatkan posisi mesin di belakang ternyata juga memiliki kekurangan. Banyak yang beranggapan mobil dengan mesin di belakang susah dikendarai.

"Jika kita bisa menguasai mobil sportcar, pengemudi bisa melakukan drift-through-drift dan mendapatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan," katanya.


Editor : Dini Listiyani