Aliansi Renault-Nissan Berencana Akuisisi Fiat Chrysler

Riyandy Aristyo · Jumat, 29 Maret 2019 - 19:17:00 WIB
Aliansi Renault-Nissan Berencana Akuisisi Fiat Chrysler
Perusahaan gabungan Renault-Nissan akan mengakuisisi produsen mobil lain untuk menjaring dominasi global dan bersaing dengan pabrikan lain. (Foto: NZ Autocar)

PARIS, iNews.id - Aliansi Renault-Nissan berencana mengakuisisi Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dalam rencana kerja perusahaan tahun ini. Bagaimana upaya mereka dalam merealisasikan ini?

Dikutip dari Reuters, Jumat (29/3/2019), rencana tersebut menandai strategi baru setelah penangkapan Carlos Ghosn, mantan CEO dan Chairman Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi di Tokyo, Jepang, pada November lalu karena dugaan pelanggaran keuangan.

Aliansi Renault, Nissan dan Mitsubishi telah mengatakan secara terbuka fokus membuat aliansi berfungsi dengan baik sebelum menggabungkan kembali struktur modal.

Pembentukan dewan aliansi baru yang dipimpin Ketua Dewan Direksi Renault, Jean-Dominique Senard, baru-baru ini, sudah meningkatkan kepercayaan diri rencana merger dapat berkembang.

Untuk itu, perusahaan gabungan Renault dan Nissan akan mengakuisisi produsen mobil lain untuk menjaring dominasi global dan bersaing dengan pabrikan besar lain, seperti Volkswagen dan Toyota.

Rencana ini sebelumnya pernah disampaikan Ghosn dengan mengadakan pembicaraan tentang penggabungan Renault dengan Fiat Chrysler 2-3 tahun lalu. Namun, proposal tersebut dihambat oleh oposisi dari pemerintah Prancis.

FCA sendiri secara aktif tengah mencari mitra atau kemungkinan merger. Hal ini dibuktikan oleh Chairman John Elkann yang bertemu dengan beberapa pesaing, termasuk PSA Prancis untuk memperkuat perusahaan.

Di lain pihak, mungkin saja FCA telah berhasil bergabung dengan kelompok lain, di saat Renault dan Nissan masih menyelesaikan masalah mereka.

Editor : Dani M Dahwilani