Banyak Fitur Modern, Begini Sensasi Berkendara bersama All New Mazda 3 Hatchback

Riyandy Aristyo ยท Minggu, 15 September 2019 - 07:43 WIB
Banyak Fitur Modern, Begini Sensasi Berkendara bersama All New Mazda 3 Hatchback

Mengusung konsep KODO-Soul of Motion, All New Mazda 3 hadir dengan fitur modern, sporty dan elegan. (Foto: iNews.id)

TANGERANG, iNews.id - All New Mazda 3 tampil perdana di depan publik dalam pameran otomotif GIIAS 2019. Mobil ini hadir sebagai kendaraan modern, sporty dan performa tinggi.

All New Mazda 3 memiliki dua pilihan model, yakni sedan dan hatchback. Bagaimana tampilan dan fitur-fitur mobil premium Jepang ini?

Jurnalis iNews.id mendapatkan kesempatan menjajal kedua model tersebut. Pertama All New Mazda 3 tipe sedan sudah dijajal dalam test drive bersama jurnalis lain, beberapa waktu lalu.

Kali ini, giliran All New Mazda 3 versi hatchback yang diulas secara eksklusif. Di mana Model ini lebih kompak dan memiliki tampilan modern bergaya anak muda.

Mengusung konsep KODO-Soul of Motion, lampu depan LED dibuat modern dan menyipit, dengan fitur auto levelling. Fungsi lampu depan tidak hanya berfungsi menyinari jalan, tapi sudah dilengkapi fitur AFS, High/Low Running Lamp yang sangat fungsional.

Di bagian sisi samping, bodi mobil ini terlihat dinamis dengan lekukan tegas memanjang pada bagian bawah atau side skirt. Handle door dengan kaca jendela berbentuk trapezium ditambah velg 18 inci dengan ban 215/45 membuat tampilannya terlihat macho dan sexy.

Masuk ke dalam kabin, All New Mazda 3 hatchback mengusung dasbor dan jok kulit merah berkualitas dengan jahitan rapi.

Head unit model pop up di dasbor, memiliki konektivitas USB ports, auxiliary audio input dan radio AM/FM. Di bagian pengemudi juga menampilkan desain HMI atau speedometer modern dengan meter set Analog Tachometer dan Trip Computer yang begitu mudah diaplikasikan.

Bagaimana sensasi berkendara dengan All News Mazda 3? Kami memulai perjalanan di kawasan perumahan eksklusif Greenwich, BSD City, Tangerang, Banten, menuju gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan modern di Ibu Kota Jakarta.

Menggendong mesin SkyActive-G In-Line 4 Silinder DOHC berkapasitas 1.998 cc, saat menginjak pedal gas, tenaga besar 163 hp dan torsi 210 Nm sangat terasa bertenaga. Apalagi ketika dipilih mode sport, mobil ini semakin aduhai diajak lari

Keistimewaan dari Mazda 3 adalah adanya fitur pengereman otomatis, Forward Obstruction Warning (FOW) yang memberikan peringatan berupa suara dan sinyal di Head up Display (HUD) pengemudi. Ini sangat penting pada saat melintasi jalanan yang banyak kendaraan.

Fitur lain yang tak kalah canggih adalah Mazda Radar Cruise Control (MRCC) yang dapat menentukan jarak dengan kendaraan lain, mulai dari jarak 30 meter ke depan. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menekan tombol di lingkar kemudi sebelah kanan. MRCC akan memperlambat mobil dengan sendirinya dan menjaga posisi kendaraan pada jarak aman. Pada saat melintasi jalan tol yang padat, fitur ini sangat penting.

Seluruh sensor membaca lingkungan sekitar kendaraan termasuk Lane Departure Warning (LDW) dan Lane keep Assist System (LAS), yang memberikan peringatan ketika mobil menginjak garis jalan, sehingga kendaraan akan terjaga di jalurnya.

Mengusung banyak fitur modern, pengendara menikmati perjalanan bersama All New Mazda 3 dengan nyaman dan aman. Mobil ini bisa diboyong dengan harga Rp489,8 juta.

Editor : Dani Dahwilani