Baterai Mobil Listrik Ini Bisa Melaju 2.000 Km untuk Sekali Pengisian Daya

Riyandy Aristyo ยท Senin, 04 Mei 2020 - 21:48:00 WIB
Baterai Mobil Listrik Ini Bisa Melaju 2.000 Km untuk Sekali Pengisian Daya
Ilustrasi pengisian daya. (Foto: Bloomberg)

SYDNEY, iNews.id - Perusahaan asal Australia, Brigshun Nee Energy berjanji akan membuat mobil listrik dengan daya baterai yang bisa menembus 2.000 km sekali pengisian. Pengembangan ini sudah dilakukan Brigshun selama delapan tahun.

Dikutip dari Hindustantimes, Senin (4/5/2020), perusahaan menggunakan bahan dasar Lithium-sulfur (Li-S) yang diklaim punya ketahanan lima sampai tujuh kali lebih solid dari lithium-ion.

Selain jarak tempuh, umur baterai juga diperkirakan lebih panjang. Hal ini sudah dibuktikan Brigshun melalui riset mandiri dan menyatakan Li-s masih bisa bertahan 91 persen dari kapasitas aslinya setelah 1.700 kali melakukan pengisian ulang.

Sementara sel lithium-ion modern hanya bisa bertahan 500 hingga 1.500 kali pengisian dengan kehilangan kapasitas aslinya sekitar 10-20 persen.

Rencananya, Brigshun akan memproduksi massal baterai tersebut jika seluruh administrasi dan proses pendirian perusahaan berskala besar sudah diselesaikan sebelum akhir 2020. Setelah itu, produk baru akan dilempar ke pasar.

Kabarnya, baterai ber-sel Li-S bisa digunakan ke berbagai model kendaraan listrik, seperti Hybrid hingga Battery Electric Vehicle (BEV). Menariknya, baterai tersebut juga bisa penyimpanan daya listrik rumah.


Editor : Tuty Ocktaviany