Berisiko Meledak, Tesla Ganti Perangkat Lunak Baterai Mobil Listriknya

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 18 Mei 2019 - 18:10 WIB
Berisiko Meledak, Tesla Ganti Perangkat Lunak Baterai Mobil Listriknya

Tesla Ganti Perangkat Lunak Baterai Mobil Listriknya (Foto: Reuters)

MICHIGAN, iNews.id - Produsen mobil listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla akan memperbarui perangkat lunak (software) baterai pada mobil-mobil listriknya. Hal ini dilakukan lantaran dua kebakaran yang terjadi pada mobil listrik Tesla Model S di Shanghai dan Hong Kong, baru-baru ini.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (18/5/2019), pihak Tesla mengatakan, masih tetap menyelidiki penyebab baterai Tesla S bisa meledak dan akan melakukan pembaharuan perangkat lunak dalam waktu dekat.

"Ketika kami melanjutkan penyelidikan tentang penyebab utama (baterai meledak), kami merevisi pengaturan biaya dan manajemen termal pada kendaraan Model S dan Model X melalui pembaruan perangkat lunak untuk membantu melindungi dan meningkatkan usia baterai," kata Tesla.

Baru-baru ini, Tesla Model S terbakar di tempat parkir pusat perbelanjaan di Hong Kong. Berdasarkan CCTV, 30 menit setelah diparkir di distrik San Po Kong, Tesla Model S mulai terbakar yang sebelumnya terdengar tiga kali ledakan.

Tesla mengatakan, penyelidikan pihak berwenang atas insiden itu telah menemukan beberapa modul baterai mobil yang terbakar, namun sebagian besar paket baterai tidak rusak.

Sekadar informasi, sejak 2013, terdapat 14 kasus kebakaran yang menimpa mobil Tesla. Kebanyakan dari kasus itu bermula dari kecelakaan dan sistem eror pada kelistrikkan.


Editor : Vien Dimyati