Berpotensi Terbakar, Audi Recall Ribuan Mobil Listrik E-Tron

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 11 Juni 2019 - 10:35 WIB
Berpotensi Terbakar, Audi Recall Ribuan Mobil Listrik E-Tron

Audi menarik kembali (recall) sebanyak 1.644 unit mobil listrik E-Tron di Amerika Seikat (AS) terkait risiko kebakaran. (Foto: Carscoops)

WASHINGTON DC - Audi menarik kembali (recall) sebanyak 1.644 unit mobil listrik E-Tron di Amerika Seikat (AS) terkait risiko kebakaran. Brand mobil asal Jerman itu menemukan segel berpotensi rusak yang memungkinkan uap air masuk ke kompartemen baterai. Jika dibiarkan bisa menyebabkan hubungan arus pendek listrik (korsleting).

Perusahaan mengklaim tidak ada laporan kecelakaan terkait masalah tersebut. Namun, untuk pencegahan mereka menarik kendaraan secara sukarela.

"Pelanggan sedang dihubungi secara langsung untuk memberi tahu mereka tentang penarikan tersebut dan jaringan dealer kami akan memberikan layanan sebaik mungkin," ujar Audi Amerika dalam pernyataannya, seperti dilansir dari Carscoops, Selasa (11/6/2019).

Penarikan terjadi di saat Audi tengah mengembangkan kendaraan listrik (electric vehicle/EV). Recall datang tak lama setelah serangkaian kebakaran menimpa Tesla Model S. Kejadian ini menjadi pertanyaan besar tentang keamanan EV.

Namun, Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA) mengatakan, potensi kebakaran pada mobil listrik sedikit lebih rendah dibanding kendaraan bertenaga bensin atau diesel.


Editor : Dani Dahwilani