Cari Mobil Keluarga, Pilih yang Irit Bahan Bakar

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 06 November 2018 - 20:00 WIB
Cari Mobil Keluarga, Pilih yang Irit Bahan Bakar

Toyota Avanza memiliki konsumsi bahan bakar irit. (Foto: Toyota)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu pertimbangan orang memilih mobil keluarga adalah efisiensi bahan bakar minyak (BBM). Terlebih, kendaraan tersebut digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Keiritan bahan bakar menjadi syarat utama.

Salah satu mobil keluarga yang terkenal keiritannya adalah Toyota Avanza. Mobil model multi porpose vehicle (MPV) ini menjadi primadona keluarga Indonesia. Pengguna tidak perlu khawatir jalan-jalan atau bepergian jauh bersama Avanza karena irit bahan bakar.

Tingkat konsumsi bahan bakar Toyota Avanza 1.5 mencapai 12 km/Iiter, sedangkan pada mesin 1.3 L mencapai 12,6 km per liter, dengan kapasitas tangki masing-masing 45 liter.

Hal tersebut dibuktikan salah seorang pemilik Toyota Avanza asal Mampang, Jakarta, Miftah Efendy (46), yang setiap hari beraktivitas menggunakan mobil kesayangannya. "Kebetulan saya pakai Toyota Avanza bertransmisi matik. Untuk kondisi macet dalam kota, hanya menghabiskan bahan bakar 1 liter per 8 km," ujar Miftah, saat ditemui iNews.id, baru-baru ini.

"Kalau dalam kondisi lalu lintas lancar, bisa mencapai 12,13 km/Iiter dengan jarak tempuh 308,65 km dan gaya mengemudi eco style," katanya.

Seperti diketahui, Toyota Avanza dibekali dua pilihan mesin dengan teknologi Dual VVT-I, DOHC, 4-Silinder. Mesin pertama berkapasitas 1.3 liter sanggup menghemburkan tenaga sebesar 93,5 hp dan torsi 12,3 Nm. Sementara, mesin kedua berkubikasi 1.5 liter, mengeluarkan tenaga 102 hp dan torsi 13,9 Nm.

Kinerjanya semakin luar biasa ketika mesin dipadukan dengan penggunaan sistem penggerak roda belakang. Di medan menanjak, Avanza dengan mudah melahapnya tanpa mengalami slip ban. Bahkan, jika membawa penumpang tujuh orang Avanza tetap stabil.

Miftah mengungkapkan alasan lain dirinya memilih Avanza karena jaringan bengkel tersebar di seluruh Indonesia. "Avanza itu servisnya gampang, bengkelnya banyak dan mudah ditemui. Kalau mau dijual, harganya juga masih tinggi dan banyak peminat," katanya.

Diketahui, Toyota saat ini merupakan merek kendaraan dengan jaringan sales dan aftersales terbanyak di Indonesia. Di mana Toyota memiliki 325 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tak heran, Toyota memiliki jangkauan luas hingga kota-kota kecil. Di samping itu, tersedia pula layanan Toyota Mobile Service dengan armada operasional terlengkap, baik roda dua maupun roda empat.

Jika ada masalah di perjalanan atau di rumah, pelanggan tidak perlu khawatir. Pelanggan bisa mengghubungi Toyota Mobile Service, teknisi akan mendatangi lokasi Anda berada.


Editor : Dani Dahwilani