China Bikin Mobil Mirip Jaguar F-Pace

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 04 Mei 2018 - 11:41:00 WIB
China Bikin Mobil Mirip Jaguar F-Pace
Perusahaan otomotif asal China Hanteng dengan jelas meng-copy desain tampilan Jaguar F-Pace. (Foto: Carscoops)

BEIJING, iNews.id - China dikenal dengan tiruannya. Apalagi jika urusan roda empat, sebut saja model mirip Ford F-150 Raptor hingga Mercedes-Benz GLA yang sukses dijiplaknya. Ada juga Porsche Macan yang diproduksi Zotye.

Dilansir dari Carscoops, Jumat (4/5/2018), hal ini membuat pabrikan dunia asal Eropa dan Amerika Serikat naik pitam hingga berujung pada usaha untuk mengajukan langkah hukum.

Meski sudah mendapatkan ancaman hukum, tidak menghentikan langkah produsen otomotif China melakukan hal yang sama. Salah satunya adalah perusahaan yang bernama Hanteng dengan jelas meng-copy desain tampilan Jaguar F-Pace.

Gambar-gambar yang menunjukkan hal tersebut sudah tersebar luas di dunia maya. Secara umum tampak bagian bonnet dari calon mobil yang dibuat Hanteng memiliki desain mirip Jaguar F-Pace namun dengan ukuran lebih ramping.

Sementara jika melihat bagian buritannya, terdapat aura desain campuran antara Jaguar dan Porsche. Sementara di antara dua lampu belakang terdapat emblem dari Hanteng. Namun, tidak ada satu keterangan pun yang menjelaskan detail dari mobil ini.

Media di China menyebutkan mobil ini akan mengisi celah kosong antara BMW X5 dan X7. Rumor yang beredar mengenai mobil ini diprediksi akan muncul di Cengdu Auto Show, yang bakal berlangsung pada September mendatang.

Sekadar informasi, Hanteng hadir di Beijing Motor Show 2018 yang sedang berlangsung di China. Mobil yang ditampilkan seukuran dengan BMW X3 namun memiliki aura mirip Jaguar F-Pace dengan ukuran mini.

Mobil ini merupakan mobil konsep yang kemungkinan besar akan segera masuk jalur produksi. Kabarnya akan ditawarkan dengan dua pilihan sistem penggerak, yakni mesin konvensional dan motor listrik.

Editor : Dani M Dahwilani