Dampak Virus Korona Tak Bikin Daihatsu Khawatir

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 15 Februari 2020 - 14:59 WIB
Dampak Virus Korona Tak Bikin Daihatsu Khawatir

Dampak virus korona tak bikin Daihatsu khawatir (Foto: Wikimedia Commons)

JAKARTA, iNews.id - Virus korona masih menjadi isu hangat bagi beberapa negara dunia, termasuk Indonesia. Dampak yang terjadi dikhawatirkan mengganggu industri otomotif Tanah Air.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra mengatakan, Daihatsu tetap mengambil sikap hati-hati dan waspada pada komponen tertentu yang disuplai dari supplier mereka dari China. Meskipun sejauh ini belum memberikan dampak.

"Sejauh ini tidak ada pengaruh, kita pasti cek lagi nanti apakah mereka (supplier) ambil (barang) dari China. Kalau ada, pasti ada pengaruhnya, tapi sejauh ini aman-aman saja," kata Amelia Tjandra, di Sunter, Jakarta beberapa hari lalu.

Amelia melanjutkan, pihaknya menyebut pasokan komponen dari vendor mereka masih berjalan lancar di tengah kekhawatiran virus korona. Daihatsu mengaku tidak ada part Daihatsu yang diimpor langsung dari China.

"Di China, Daihatsu tidak punya pabrik. Jadi kami tidak khawatir. Berbeda dengan saudara kita, Toyota, ada pabrik di sana, tapi tidak besar karena hanya untuk pasar domestik China saja," katanya.

Daihatsu berharap kasus korona tidak berimbas pada pertumbuhan otomotif di Indonesia. Pihaknya yakin, wabah korona akan segera berakhir sejalan dengan perubahan musim.

"Menurut saya, nanti saat musim panas, matahari sedang terik-teriknya, hilanglah itu (virus corona). Karena kita masih musim dingin saja, dia (virus korona) kan 23 derajat, tidak kuat," ujar Amel.


Editor : Dini Listiyani