Desain Ban Pengaruhi Konsumsi Bahan Bakar

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 07:11 WIB
Desain Ban Pengaruhi Konsumsi Bahan Bakar

Tidak hanya mesin, banyak faktor yang membuat mobil efisien atau tidak, salah satunya ban. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu kriteria kendaraan yang dicari konsumen Indonesia adalah irit bahan bakar minyak (BBM). Tidak hanya mesin, banyak faktor yang membuat mobil efisien atau tidak. Salah satunya adalah ban.

Lantas, apa hubungannya ban mobil dengan konsumsi bahan bakar? Marketing Strategy Team Asia Pacific Africa Middle East Division Hankook, Theonanta Pardede mengungkapkan, desain ban memengaruhi daya tapak dan kinerja.

"Jika ban membuat laju mobil menjadi berat, otomatis putaran mesin akan bekerja lebih keras. Untuk menopang itu, mesin membutuhkan lebih banyak bahan bakar," ujar Theo, saat berbincang dengan iNews.id, baru-baru ini.

Theo menyebutkan, kinerja ban juga tak lepas dari bagaimana alur atau gulirnya. Ban yang memiliki alur baik, memberikan efek positif pada kendaraan. Ini bisa dites langsung menggunakan mobil.

"Ban yang dibuat dari bahan polimer multifungsi, bahan yang digunakan harus mampu meningkatkan ikatan antara silica dan polimer pada karet, serta mencegah pembentukan panas tak diperlukan. Pada akhirnya dapat mengurangi hambatan gulir dan membuat konsumsi bahan bakar kendaraan lebih efisien," katanya.


Editor : Dani Dahwilani